Ratusan Perusahaan Boleh Tangguhkan Kenaikan Upah Buruh

Ribuan Buruh Berdemo di Balaikota
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pemerintah menyetujui permohonan 908 perusahaan di Indonesia yang meminta penangguhan kenaikan upah minimum provinsi (UMP). Pemerintah beralasan, telah ada kesepakatan antara pengusaha dan buruh.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, mengatakan, penangguhan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mencapai penciptaan lapangan kerja 1 juta orang pada tahun ini.

"Alasan kedua tidak boleh ada PHK, supaya penambahan angkatan kerja tidak diikuti pengurangan tenaga kerja," ujar Muhaimin di Jakarta, Kamis 10 Januari 2013.

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan, para pengusaha diminta untuk transparan terkait laporan keuangan perusahaan kepada buruh. Transparansi dibutuhkan agar penangguhan kenaikan upah ini dapat dipahami dan menjadi solusi bersama.

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, menyatakan, penangguhan ini hanya berlaku selama setahun. Pada 2014, perusahaan wajib menaikkan upah buruh sesuai aturan yang berlaku. (art)

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024