Tiga Kunci Sukses Memulai Usaha dari Habibie

Screening Film Habibie & Ainun
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menjadi wirausaha di usia muda tentu bukan hal mudah, sebab dibutuhkan keuletan khusus. Mantan Presiden Republik Indonesia, BJ Habibie, mengungkapkan ada tiga macam cara untuk menjadi wirausaha yang sukses.

"Selesaikan dengan jadwal dan kualitas, perlihatkan Anda kredibel. Nanti, bukan Anda yang mengejar uang, tapi uang yang mengejar Anda," kata Habibie di acara "Wirausaha Muda Mandiri" di Jakarta, Kamis, 17 Januari 2013.

Habibie menjelaskan, yang dimaksud dengan ketiga pilar tersebut adalah orientasi pasar, disiplin, dan meningkatkan produktivitas serta kepercayaan, agama, dan budaya.

"Kita harus berorientasi pasar. Karena, waktu memulai usaha di Indonesia, dalam membuat pesawat, tahap pertama, saya mengambil lisensi buat pesawat dan bersikap progresif," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, perencanaan dilakukan secara progresif. "Jadi, bukan hanya meningkatkan nilai tambah, tapi produknya sesuai pasar," ujarnya.

Sementara itu, yang dimaksud dengan disiplin adalah dalam melaksanakan sesuatu harus sesuai kebutuhan masa depan dan menciptakan produktivitas untuk masyarakat banyak.

"Selanjutnya, mensinergikan antara kepercayaan, agama, dan budaya. Jika ketiganya sudah berjalan baik, Anda tidak perlu melamar pekerjaan. Tapi, Anda sudah bisa menciptakan pekerjaan," jelas Habibie.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024