PLTGU Beroperasi Kembali, Listrik Ring Satu Jakarta Aman

PLTU Muara Karang terendam banjir sampai 1,5 meter
Sumber :
  • Antara/ Agus Trimukti

VIVAnews - Sejak Senin malam 21 Januari 2013 pukul 22.50 WIB, unit-unit pembangkit listrik Muara Karang Jakarta Utara kembali beroperasi. Unit pembangkit itu sempat dipadamkan sejak Jumat 18 Januari 2013 akibat tergenang banjir.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Bambang Dwiyanto, menjelaskan, PLTGU Muara Karang mulai memasok listrik ke Gardu Induk Budi Kemuliaan dan Kebon Sirih. Sebelumnya, kedua gardu induk itu dipadamkan, karena sumber utama pasokan listriknya dari pembangkit Muara Karang dan gardu induk Muara Karang juga padam, karena terendam banjir.

"Pada saat gardu induk dipadamkan, daerah-daerah yang biasanya dilayani kedua gardu induk tersebut sebagian dipasok dari gardu listrik lainnya, namun ini tentu tidak optimal," kata Bambang dalam keterangan pers, Selasa 22 Januari 2013.

Ia menjelaskan, daerah-daerah tersebut adalah Abdul Muis,Tanah Abang, Bank Indonesia, Merdeka Barat, Thamrin, Kebon Kacang, Petojo, Pasar Raya Sarinah, Monas, Jati Baru, Wahid Hasyim, dan Agus Salim. Daerah lainnya yaitu Kebon Sirih, Menteng Raya, Cikini, Kramat Raya, FK UI, Kwitang, Pasar Senen, dan sekitarnya.

Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih

Bambang menambahkan, saat terjadi banjir, PLTGU Muara Karang masih mampu beroperasi 290 megawatt (MW). Tadi malam, satu unit pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) 240 MW mulai beroperasi, sehingga pasokan dari pembangkit Muara Karang kini menjadi 530 MW. Siang ini, satu unit lagi PLTGU 240 MW akan beroperasi.

"Sedangkan untuk unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) masih dalam proses pemulihan sebelum dioperasikan kembali. Hal ini karena PLTU terendam lebih dalam dan lama, sehingga perlu waktu lebih lama untuk pembersihan, pengeringan, dan pengecekan kembali," katanya.

Menurut Bambang, dengan mulai beroperasinya unit-unit pembangkit Muara Karang, maka pasokan listrik ke Jakarta berangsur pulih kembali. Tinggal 196 gardu distribusi yang masih padam, karena daerah yang disuplai gardu tersebut masih terendam banjir dan beberapa gardunya juga terendam banjir.

"Lokasi gardu distribusi yang masih padam pagi ini sebagian besar di daerah Bandengan," tuturnya. (art)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, AHY: Saatnya Rekonsiliasi

AHY meminta semua pihak agar legowo dengan keputusan MK.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024