ESDM Ajak Pengusaha Taksi Konversi BBM ke Gas

Converter Kit BBG
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menggandeng perusahaan-perusahaan taksi untuk menyukseskan konversi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke bahan bakar gas (BBG). Pada tahun ini, di setiap pangkalan taksi akan dibangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG).

Menteri ESDM, Jero Wacik, mengungkapkan, kementeriannya telah bertemu dengan para pengusaha taksi yang ada di Jabodetabek untuk dapat merealisasikan rencana tersebut. Sarana dan prasarana pengisian gas akan sepenuhnya disediakan Kementerian ESDM.

"Jadi, nanti taksi keluar dari pool-nya itu sudah penuh dengan gas. Mereka siapkan tangki dan gudangnya, kami drop di situ dan nanti semua taksi sudah dikonversi ke gas," ujar Jero di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 23 Januari 2013.

Guna pemasangan converter kit di taksi, Kementerian ESDM telah bekerja sama dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) agar dapat menggunakan bengkel-bengkel yang dimilikinya untuk memasang alat tersebut.

"Dulu kan rencananya bikin bengkel sendiri, nah, itu tidak mudah. Tapi, kalau Gaikindo yang punya bengkel, itu bisa dilakukan," ungkapnya.

Terkait anggaran, menurut Jero, masih dalam proses perundingan dengan pengusaha taksi. "Apakah akan sepenuhnya ditanggung pemerintah atau pembiayaan dari swasta juga diperlukan," tuturnya. (umi)

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun
Brandon Salim dan Dhika Himawan

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Proses kejutan untuk melamar Dhika Himawan cukup panjang, pertama-tama, Brandon Salim meminta restu pada orang tua Dhika Himawan pada 29 Februari 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024