Dirut Dayaindo Resources Memulai Bisnis dari Nol

Aktivitas tambang batu bara
Sumber :
  • REUTERS/David Stanway

VIVAnews - Direktur Utama PT Dayaindo Resources International Tbk, Sudiro Andi Wiguno, ditemukan meninggal di rumahnya, Rabu 23 Januari 2013. Belum diketahui penyebab wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu akhirnya meregang nyawa.

Harry Kane Pun Akui Bukayo Saka Pantas Dapat Penalti

Ketua Umum Hipmi, Raja Sapta Oktohari mengatakan, masyarakat sebaiknya tidak cepat menyimpulkan dulu mengenai penyebab kematiannya. "Almarhum orang yang sangat tegar dan baik dengan semua orang," kata Raja Sapta kepada VIVAnews di Jakarta, Kamis 24 Januari 2013.

Sapta menjelaskan, keluarga besar Hipmi sudah menyerahkan penyelidikan atas kematian Sudiro kepada kepolisian.

Legislator Golkar Pendatang Baru Eric Hermawan Dapat Sambutan Hangat Airlangga

Dikutip dari tokohindonesia, Sudiro Andi Wiguno lahir di Blora. Dia adalah salah satu eksekutif muda yang sukses, dan sejak kecil terbiasa hidup susah.

Ayahnya meninggal sebulan setelah Sudiro lahir. Dia lalu menjalani masa-masa hidupnya dengan penuh perjuangan. Namun, pendidikan dan disiplin yang dijalaninya menjadikannya semakin tahan terhadap berbagai permasalahan hidup.

"Kerasnya pendidikan dan disiplin yang tinggi serta tanggung jawab menjadi bekal saya bisa seperti sekarang," kata Sudiro dikutip dari tokohindonesia.

Keinginan dan cita-cita yang kuat menjadi pengusaha membuat bungsu dari enam bersaudara itu memutuskan mengadu nasib ke Jakarta selepas SMA. Di ibu kota, pengusaha berusia 35 tahun itu mengambil diploma akuntansi di Akademi Akuntansi Yayasan Administrasi Indonesia.

Untuk membiayai kuliahnya, dia sempat menjadi seorang pencuci mobil salah seorang pejabat. Selepas kuliah, ia mulai merintis kariemya dari nol dan terus bekerja keras.

Mengawali karier sebagai trainer di lembaga pelatihan motivasi, kini Sudiro menjadi direktur utama PT Dayaindo Resources International Tbk, sebuah perusahaan pertambangan, energi, dan infrastruktur.

Selain pekerja keras, prinsipnya yang selektif dalam memilih teman menjadi salah satu kunci keberhasilannya. Ia hanya memilih teman bergaul yang bisa membawanya kepada kemajuan.

Berbekal pengalamannya dalam membiayai kontrak-kontrak perdagangan batu bara, Sudiro masuk menjadi bagian Dayaindo pada Juni 2007. Perusahaan yang dipimpinnya merupakan hasil transformasi bisnis PT Karka Yasa Porfilia Tbk yang memiliki bisnis utama sebagai pengembang perumahan skala menengah. (adi)

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Peringatan Heru Budi ke ASN DKI! Perpanjang Libur Lebaran Bakal Disanksi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mewanti-wanti ASN DKI Jakarta tidak memperpanjang libur Lebaran atas inisiatif sendiri.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024