Banjir Jakarta, PLN Rugi Puluhan Miliar Rupiah

Perbaikan Gardu Distribusi PLN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Banjir yang melanda Jakarta sejak 17 Januari 2013 telah menimbulkan dampak kerugian materi dan non materi bagi PLN. Masyarakat selama beberapa hari tidak dapat menikmati listrik, karena terganggunya pembangkit listrik dan infrastruktur listrik yang terendam banjir.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, menjelaskan, PLN tetap berupaya maksimal mengerahkan segenap sumber daya untuk secepatnya melakukan pemulihan pasokan listrik kepada pelanggan.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap

Sejak 22 Januari 2013, pembangkit listrik Muara Karang sudah dapat beroperasi kembali, setelah sebelumnya digenangi banjir yang menyebabkan operasi pembangkit terganggu dan menurunkan kemampuan pasokan listrik ke Jakarta.

"Begitu pula dengan transmisi listrik. Pada Kamis 17 Januari lalu, gardu padam akibat banjir 1.847 gardu, maka sampai dengan Kamis 24 Januari kemarin tercatat 13 gardu yang masih belum bisa dioperasikan hingga air banjirnya benar-benar surut," katanya dalam keterangan pers, Jumat 25 Januari 2013.

Meski pasokan listrik Jakarta usai banjir sudah mulai normal, PLN pun tidak luput dari kerugian materi. Banjir yang menggenangi PLGTU Muara Karang hingga memaksa dimatikannya unit pembangkit listrik, menyebabkan kerugian di sisi pembangkitan sebesar Rp45 miliar.

Banjir juga menyebabkan terganggunya kegiatan ekonomi Jakarta, sehingga turut menyumbang potensi kehilangan kesempatan penjualan energi listrik PLN Rp20 miliar. Sementara itu, kerugian di sisi distribusi dan transmisi akibat peralatan rusak tergenang air, masing-masing Rp2 miliar dan Rp1 miliar.

"Total kerugian PLN akibat banjir Jakarta ini puluhan miliar rupiah," katanya.

Penggantian 50 ribu kWh meter

PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang sebagai pengelola kelistrikan di Jakarta, akan segera mengganti sekitar 50 ribu kWh meter yang rusak akibat terendam banjir. Penggantian ini dilakukan sejalan dengan mulai pulihnya pasokan listrik Jakarta dan Tangerang.

Dalam pelaksanaan penggantian kWh meter ini, PLN mengingatkan para pelanggan agar waspada dan berhati-hati terhadap oknum yang meminta bayaran, karena PLN tidak memungut biaya apa pun untuk penggantian kWh meter yang terendam banjir alias gratis.

Sementara itu, terkait rencana pemda DKI Jakarta yang sedang menawarkan pemindahan warga korban banjir ke rumah-rumah susun (rusun) di Marunda, Pulo Gebang, dan Muara Baru, PLN telah mengoperasikan gardu-gardu listrik untuk memasok listrik ke rusun-rusun tersebut. Tidak hanya itu, untuk setiap rusun, PLN telah memasang alat pembatas dan pengukur listrik (APP). (adi)

Frislly Herlind

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Diakui Frislly, dirinya sempat mengalami memar-memar saat proses latihan action, namun ia tidak merasakan sakit sama sekali.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024