Mentan Tak Usulkan Impor Daging karena Suplai Cukup

Muhaimin Iskandar (kiri), Suswono (tengah) dan Suharna Surapranata (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono menyatakan bahwa usulannya kepada Menko Perekonomian agar Pemerintah tidak menambah kuota impor daging, karena melihat daerah-daerah sentra penghasil daging sapi siap menyuplai untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri.

"Saya tegaskan ada kesiapan dari daerah, sehingga tak perlu ada wacana untuk penambahan kuota impor (daging)," ujar Suswono dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Pertanian RI, Jakarta, Jumat 1 Februari 2013.

Usulan itu, lanjut Suswono, dikirimkan melalui surat resmi pada 22 Januari 2013. Intinya, Kementerian Pertanian merekomendasikan agar tidak dilakukan impor daging.

Di sisi lain, menurut Suswono, impor harus dibatasi demi memberikan keuntungan kepada peternak sapi di dalam negeri. "Peternak jadi punya semangat baru dengan adanya pembatasan impor," kata Suswono.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Sekarang ini petani sedang menikmati harga yang bagus untuk daging sapi," tambah Suswono.

Menurut Suswono, petani atau peternak sapi akan kecewa jika impor terus digalakkan demi mencukupi pasokan daging di pasar. "Nanti petani jadi tak bergairah lagi untuk memelihara dan beternak sapi," kata Suswono.

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Sebelumnya, Suswono menegaskan bahwa wacana penambahan kuota impor daging sapi justru dimunculkan oleh Kementerian Perdagangan.  Selengkapnya baca .

Kabah di Mekah, Arab Saudi.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Warga Iran mulai menunaikan ibadah haji sejak Teheran dan Riyadh menyetujui kesepakatan yang ditengahi Tiongkok tahun lalu untuk memulihkan hubungan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024