Hatta: Jangan Gegabah Sikapi Isu Kartel Pangan

Hatta Rajasa & Istri Hadiri Akad Nikah Zumi Zola - Sherrin Tharia
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, meminta masyarakat tidak terburu-buru menyimpulkan bahwa perdagangan pangan di Indonesia, khususnya komoditas pangan strategis, telah dikuasai oleh kartel-kartel.

Menurut Hatta, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sedang melakukan tugasnya untuk mencegah monopoli bisnis pangan strategis oleh pihak-pihak tertentu.

"Kita jangan gegabah bilang ini kartel, itu kartel. Itu kewenangan KPPU untuk cek itu," ujar Hatta saat ditemui di Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 13 Februari 2013.

Oleh karena itu, Hatta mengharapkan KPPU bekerja serius dalam mencari kebenaran keberadaan kartel pangan ini. Pemerintah melarang kartel karena dapat merugikan kepentingan rakyat banyak.

"Di republik ini tidak boleh ada kartel karena menyengsarakan banyak orang," katanya.

Menurut Hatta, jika memang ada kartel semacam itu maka pemerintah tak akan segan memberantasnya. "Saya bereaksi keras dan harus diperangi ramai-ramai. karena ini merugikan rakyat banyak," kata dia.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Isu mengenai kartel pangan yang menguasai beberapa komoditas pangan strategis di Indonesia merebak akhir-akhir ini dan begitu santer dibicarakan masyarakat. Kartel ini dinilai membahayakan karena ditengarai dapat menguasai dan mengendalikan harga pangan yang beredar di pasar, seperti kedelai, gula, dan daging sapi. (eh)

Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024