Ini Syarat Jadi Perusahaan Energi Berkelas Dunia

Sumber :
  • Pertamina
VIVAnews - PT Pertamina Gas mengungkapkan bahwa ada empat tolok ukur yang harus dipenuhi suatu perusahaan energi jika dia ingin menjadi perusahaan energi kelas dunia. 
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

"Ada empat parameter yang harus dipenuhi untuk menjadi perusahaan world class di bidang energi," kata Direktur Utama Pertamina Gas, Gunung Sardjono Hadi, saat ditemui di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Rabu 13 Februari 2013.
Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Perusahaan ini memang tengah mempersiapkan dirinya untuk maju sebagai world class industry dan mereka tengah mempersiapkan beberapa parameter di atas. Keempat parameter itu adalah financial excellence, operating excellence, SHE excellence, dan HRD excellence.
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Untuk tolok ukur yang pertama, ketentuannya adalah profit per kapita karyawannya harus berada di atas US$250 ribu dan anak usaha Pertamina ini sudah melampauinya.

"Kami sudah melewati financial excellence, karena pendapatan per kapita karyawan sudah di atas itu," kata Gunung.

Lalu, operating excellence mengharuskan adanya implementasi peralatan berteknologi tinggi dan mutakhir yang harus digunakan dalam operasional perusahaan. "Sistem peralatan SCDA, PIMS, GMS, dan AIM itu beberapa sudah kita implementasikan," kata dia.

Tolok ukur yang ketiga adalah SHE excellence. Paramater yang ini berbicara tentang standardisasi tingkat internasional, yaitu ISRS 7, ISO 14001, OHSAS 18001.

Gunung berjanji akan mengejar tingginya potensi perusahaan dalam pengoptimalan kegiatan operasional.

Yang terakhir adalah HRD excellence. Sumber daya manusia yang potensial, menurutnya, sudah diserap oleh Pertagas. "Kami cukup baik menyerap tenaga kerja yang potensial. Dan, syarat ini kami sudah lampaui," kata dia. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya