Dahlan Ungkap Ciri Masyarakat Naik Kelas

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum
Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan menilai bahwa tingginya pengguna sepeda motor di Indonesia merupakan salah satu upaya masyarakat kelas bawah untuk naik kelas ke kelas menengah.
Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

Dahlan menuturkan, dalam beberapa tahun terakhir pembelian sepeda motor tumbuh pesat, mengalahkan pembelian mobil. "Ini tanda pertumbuhan perekonomian masyarakat kelas bawah sungguh cepat dan akan mengejar perekonomian kelas atas," katanya dalam 'The International Financial Inclusion Forum 2013: Aiming for an Inclusive Growth' di Jakarta, Selasa 26 Februari 2013.
Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya


Fenomena pertumbuhan sepeda motor, katanya, merupakan sarana terbaik untuk naik kelas. Pada masa lalu, kalangan kelas bawah Indonesia menggunakan sepeda untuk berpergian, sangat jauh dengan kalangan kelas atas yang tetap menggunakan mobil.


"Sekarang dengan menggunakan motor lebih cepat dari mobil dan semua jalan bisa diakses," katanya. Untuk itu, ia optimistis masyarakat kelas bawah dapat mengejar masyarakat kelas atas.


Sayangnya, pertumbuhan sepeda motor di Indonesia mengalahkan jumlah masyarakat yang memiliki rekening bank. Setiap pemilik motor belum tentu mempunyai rekening bank.


"Pemilik rekening bank kalah banyak dengan pemilik sepeda motor, karena pemilik sepeda motor belum tentu punya rekening bank," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya