BISNIS

Dahlan: Dana Bantuan BUMN Disalurkan Lewat Masjid

Bantuan modal Rp5 juta per orang dan diawasi pengurus masjid.

ddd
Selasa, 26 Februari 2013, 12:28 Iwan Kurniawan, Arie Dwi Budiawati
Menteri BUMN, Dahlan Iskan
Menteri BUMN, Dahlan Iskan (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)
VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, memerintahkan BUMN untuk menyalurkan dana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) kepada masyarakat yang tidak mempunyai akses perbankan, yaitu dengan cara menggandeng masjid.

"Dana ini kita salurkan kepada masyarakat dengan syarat, dia harus aktif di masjid. Ini yang kita namakan pra-KUR (Kredit Usaha Rakyat)," kata Dahlan Iskan dalam 'The International Financial Inclusion Forum 2013: Aiming for an Inclusion Growth' di Jakarta, Selasa 26 Februari 2013.

Dahlan menjelaskan, PKBL bertujuan untuk memberdayakan perekonomian masyarakat kelas bawah. Penyaluran kredit PKBL melalui masjid telah dimulai di Jambi empat bulan yang lalu. Empat masjid menjadi proyek percontohan, di mana setiap masyarakat yang membutuhkan bantuan modal diberikan dana sebesar Rp5 juta per orang.

Setelah itu, Kementerian BUMN berencana akan menerapkan di 15 masjid di Jakarta. BUMN akan menyeleksi masjid dan lingkungan sekitar agar penyaluran kredit dapat tepat sasaran.

Pengurus masjid, kata Dahlan, akan mengawasi penyaluran kredit dan mengumumkan orang-orang yang menunggak setiap Jumat. "Majelis taklim yang akan mengawasi kredit itu. Siapa pun yang menunggak akan diumumkan setiap hari Jumat," tuturnya. (asp)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
grd1589
26/02/2013
maaf, indonesia bukan cm Islam dan Masjid saja. masih ada 5 agama yg lain. apa ini dana bantuan terpusat utk Islam saja? Tolong Pancasila nya Pak Dahlan
Balas   • Laporkan
brontox | 20/03/2013 | Laporkan
@anti israe_enak bacottnya..
antisrael | 08/03/2013 | Laporkan
Sudah bukan rahasia, Gereja dapat kucuran dana dari Amerika dan Eropa, apalagi kalau berhasil mengkristenkan muslim, makin banyak aja deh jatahnya...
koberkobere
26/02/2013
mesjid bukan lembaga keuangan.... tetapi ya mudah-mudahan amanah....
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com