Dahlan: Dana Bantuan BUMN Disalurkan Lewat Masjid

Dahlan Iskan Makan Di Kaki Lima
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Harga Emas Naik Lagi Gara-gara Timur Tengah Memanas, Saatnya Jual?
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, memerintahkan BUMN untuk menyalurkan dana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) kepada masyarakat yang tidak mempunyai akses perbankan, yaitu dengan cara menggandeng masjid.
5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

"Dana ini kita salurkan kepada masyarakat dengan syarat, dia harus aktif di masjid. Ini yang kita namakan pra-KUR (Kredit Usaha Rakyat)," kata Dahlan Iskan dalam 'The International Financial Inclusion Forum 2013: Aiming for an Inclusion Growth' di Jakarta, Selasa 26 Februari 2013.
Mewah dan Canggihnya Sedan Terbaru Mercedes-Benz


Dahlan menjelaskan, PKBL bertujuan untuk memberdayakan perekonomian masyarakat kelas bawah. Penyaluran kredit PKBL melalui masjid telah dimulai di Jambi empat bulan yang lalu. Empat masjid menjadi proyek percontohan, di mana setiap masyarakat yang membutuhkan bantuan modal diberikan dana sebesar Rp5 juta per orang.


Setelah itu, Kementerian BUMN berencana akan menerapkan di 15 masjid di Jakarta. BUMN akan menyeleksi masjid dan lingkungan sekitar agar penyaluran kredit dapat tepat sasaran.


Pengurus masjid, kata Dahlan, akan mengawasi penyaluran kredit dan mengumumkan orang-orang yang menunggak setiap Jumat. "Majelis taklim yang akan mengawasi kredit itu. Siapa pun yang menunggak akan diumumkan setiap hari Jumat," tuturnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya