Menteri PU: Jalan Tol Trans Sumatera Rampung 2025

Menteri PU Djoko Kirmanto
Sumber :
  • galeryfoto.pu.go.id
VIVAnews -
Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA
Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, menargetkan jalan tol Trans Sumatera selesai secara keseluruhan pada 2025. Semua ruas tol dibangun oleh perusahaan pelat merah, PT Hutama Karya.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Djoko menjelaskan, untuk tahap pertama akan dikerjakan tiga ruas tol yang telah dicanangkan pemerintah, di antaranya Medan-Binjai dan Palembang Indralaya. Pemerintah menargetkan pemancangan tiang pertama dapat dilakukan tahun ini.
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun


"Semua ini dibangun Hutama Karya, tapi pertamanya tiga ruas dulu," ujar Djoko di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 6 Maret 2013.


Guna memperkuat proyek tersebut, pemerintah telah merevisi peraturan pemerintah terkait dengan jalan tol dan mengeluarkan peraturan presiden penunjukan Hutama Karya sebagai pengembang proyek tersebut.


"Total ada 24 ruas dan dibagi dengan beberapa tahap. Kemungkinan selesai 2025, itu sudah
ok,
karena panjangnya beberapa ribu kilometer," katanya.


Sumber pendanaan akan dicari Hutama Karya melalui penerbitan obligasi atau menarik investor luar dan dalam negeri. Pemerintah juga siap mendukung kekurangan pembiayaan proyek tersebut.


Terkait dengan pembebasan lahan, ia optimistis dapat berjalan dengan baik, karena perusahaan pelat merah dianggap lebih fleksibel dalam menyelesaikan permasalahan itu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya