Hutama Karya Disepakati Garap Tol Trans Sumatera

Gedung Hutama Karya (HK)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL
- Sejumlah Kementerian sepakat menunjuk perusahaan konstruksi pelat merah, PT Hutama Karya, untuk mengerjakan jalan tol Trans Sumatera. Kepastian itu diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Djoko mengatakan, di tingkat menteri sudah ada persetujuan mengenai penunjukan itu dan dalam waktu dekat akan diresmikan. "Kalau sekarang semuanya sudah setuju. Saya kira tinggal urusan legal, bagaimana hal yang disepakati dituangkan dalam bentuk tertulis," kata Djoko kepada
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
VIVAnews di Jakarta, Senin 11 Maret 2013.


Sebelumnya, Djoko pernah mengatakan, pemerintah belum sepakat mengenai aturan penunjukan langsung itu.


Nantinya, Djoko menambahkan, pemerintah akan mengeluarkan peraturan pemerintah yang bisa menjadi rujukan bagi peraturan presiden untuk penunjukan langsung itu. "Kalau sekarang, dasar aturan untuk mengeluarkan perpres tidak ada, jadi harus membuat PP," katanya.


Untuk itu, dia menjelaskan, pemerintah harus merevisi peraturan pemerintah agar bisa menunjuk BUMN, yang akan disebutkan secara eksplisit, yakni Hutama Karya. Padahal, sebelumnya, untuk mendapatkan konsesi suatu ruas tol harus melalui tender yang diadakan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).


Dalam PP tersebut, menurut Djoko, nantinya ada ayat yang berbunyi, dalam keadaan tertentu, pemerintah bisa menunjuk BUMN untuk mengerjakan jalan tol yang tidak layak secara finansial. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya