Kenapa REI Gencar Bangun Rumah Murah di Luar Jawa

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • www.kemenpera.go.id
VIVAnews - Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) akan meresmikan 100 ribu unit rumah sejahtera tapak (RST) yang dikembangkan oleh pengembang anggota DPP REI di seluruh Indonesia. 
Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Untuk kali ini, peresmian proyek yang dibangun PT Guna Griya Abadi itu dilakukan Rabu 13 Maret 2013, akan dipusatkan di Perumahan Nuansa Griya Arosuka, berlokasi di Arosuka, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.
Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

"Mengapa kami memilih lokasi di Sumatera Barat, agar memacu hasrat kalangan pengembang untuk membangun proyek sejenis di luar Pulau Jawa. Sebab, kebutuhan perumahan di luar Jawa lumayan besar," kata Ketua Panitia Pelaksana Peresmian 100 Ribu Unit RST DPP REI, Bally Saputra di Jakarta, Senin 11 Maret 2013.
Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Ketua DPD REI, Irman Gusman menambahkan, agar para kepala daerah di seluruh Indonesia mendukung percepatan pengembangan perumahan sejenis dengan bekerja sama dengan anggota REI dan instansi lainnya yang juga berkewajiban menyediakan perumahan untuk masyarakat.

Pemerintah, baik pusat maupun daerah harus memiliki komitmen dan kesungguhan untuk terus membangun perumahan rakyat, utamanya untuk golongan menengah ke bawah. 

"Gubernur, bupati, dan walikota yang bagus adalah yang bisa menjadi contoh dalam upaya memfasilitasi dan memberikan kemudahan agar pembangunan perumahan rakyat berjalan dengan baik di daerahnya masing-masing berupa infrastruktur, kemudahan perizinan dan bantuan lain," kata Irman.

Apalagi, dia menambahkan, PP Nomor 38 Tahun 2007 mengatur kewajiban bagi pemerintah daerah untuk juga melakukan pembangunan perumahan rakyat, terutama untuk golongan menengah ke bawah. 

Sementara itu, Ketua Umum DPP REI, Setyo Maharso, menyebutkan bahwa 70 persen dari sekitar 2.500 anggota REI adalah pengembang yang berhasil membangun rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di seluruh Indonesia.

"Sebagian besar RST yang dibangun pengembang adalah kontribusi dari pengembang anggota REI. Sejak masa kabinet Indonesia bersatu, secara rutin REI melakukan kegiatan peresmian RST yang ke 100 ribu unit," tuturnya.

RST di Solok ini adalah peresmian 100 ribu unit yang keempat oleh REI, setelah di Semarang (2007), Jonggol, Jawa Barat (2008), dan Lamongan, Jawa Timur (2010).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya