Mengintip Kekayaan Miliuner Arab Saudi

Pangeran Arab Saudi, Alwaleed Bin Talal
Sumber :
  • REUTERS / Fahad Shadeed

VIVAnews - Al-Walid bin Talal bin Abdul Azis bin Al-Saud, merupakan pangeran dari kerajaan Arab Saudi. Tercatat sebagai orang paling kaya di Arab Saudi, dan masuk dalam jajaran orang kaya dunia.

Al-Walid mengklaim total kekayaannya mencapai US$29,6 miliar, namun majalah Forbes mencatat hartanya "hanya" US$20 miliar. Terlepas dari kontroversi jumlah kekayaan, Al-Walid tetaplah miliarder dengan berbagai perusahaan.

Ia memiliki Kingdom Holding Company, perusahaan yang bergerak di bidang investasi real estate dan perusahaan media. Selain itu, Al-Walid tercatat memiliki saham di berbagai perusahaan global, termasuk Twitter, Apple, Motorola, dan AOL.

Al-Walid merupakan anak dari pangeran Talal dan Mona Al-Solh. Kakek dari pihak ibunya merupakan perdana menteri pertama Lebanon, dan kakek dari pihak ayahnya adalah Raja Abdul Aziz, pendiri negara Arab Saudi. Kuliah di Menlo College, California, dan mendapatkan pandangan dunia barat.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Ia kemudian dikenal sebagai pintu gerbang investor Amerika Serikat di Arab Saudi. Berikut kekayaan dan hobi Pangeran Arab Saudi, seperti dilansir Businessinsider, Sabtu 23 Maret 2013:

1. Al-Walid memiliki satu set perhiasan yang terdiri atas sebuah kalung bertaburkan berlian dan zamrud berukuran telur burung, cincin, dan anting. Jika digabung memiliki 200 karat bernilai US$40 juta.

2. Al-Walid mempunyai kapal pesiar sepanjang 282 kaki yang memiliki berbagai fasilitas seperti bioskop, helipad, dan kolam renang. Tidak puas, Al-Walid juga sedang memesan kapal pesiar sepanjang 557 kaki, yang menjadikan kapal tersebut kapal ketiga terbesar di dunia. Kapal pesiar diperkirakan selesai pada 2014 dan senilai US$500 juta.

3. Mengoleksi banyak mobil mahal, mulai dari Rolls Royce Phantom seharga US$500 ribu, Mercedes Benz SL 600 bertaburkan berlian senilai US$48 juta, dan beberapa Lamborghini serta Ferrari.

Pangeran Alwalid Bin Saud Al Talal dengan Rolls-Royce Phantom

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Selain dikenal dengan kekayaannya yang melimpah, Al-Walid dikenal sangat pemurah dan gemar berdonasi. Ia mempunyai badan amal sendiri bernama Talal Bin Alwaleed Foundation, dan telah membantu setiap negara yang terkena bencana alam besar seperti tsunami Aceh beberapa waktu lalu. (art)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024