82 Persen Orang Indonesia Cari Pekerjaan Lewat Online

Bursa Kerja
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Sekitar 82 persen pencari kerja di Indonesia menggunakan portal penyedia pekerjaan untuk mencari lowongan pekerjaan. Sebagian besar dari mereka menggunakan portal tersebut untuk mencari pekerjaan baru.

Angka tersebut berdasarkan riset JobsDB yang dilakukan pada November 2012. Perusahaan berbasis di Hong Kong tersebut meneliti 100 pencari kerja dengan berbagai latar belakang pendidikan, sosial, dan ekonomi.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Dari hasil riset tersebut, ditemukan fakta bahwa sebagian besar responden menggunakan portal tersebut untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.

Sekitar 25 persen orang belum bekerja, lalu menggunakan portal penyedia pekerjaan untuk mencari lowongan. Sementara itu, 41 persen orang yang sudah bekerja, namun melihat-lihat lowongan pekerjaan lain.

"Dan 34 persen orang yang sudah bekerja ingin mencari dan mengeksplorasi pekerjaan baru," kata Managing Director JobsDB.com, Ariadi Anaya, di Jakarta, Selasa 26 Maret 2013.

Ia menjelaskan, sebagian besar orang yang mencari pekerjaan lebih baik disebabkan beberapa faktor, seperti bosan dengan pekerjaan sekarang, karier yang mentok, ingin mengganti suasana kerja, dan mendapatkan gaji yang lebih besar.

Chief Executive Officer (CEO) JobsDB Group, Adrian Chang, mengatakan, dinamika pencari kerja di Indonesia cukup unik. Sekitar 32 persen karyawan mencari lowongan pekerjaan sekali dalam sepekan. Sekitar 41 persen tidak aktif mencari, namun tidak tertutup kemungkinan melamar pekerjaan di tempat lain.

Menurut penelitian itu, para pencari pekerjaan di Indonesia berasal dari kelompok orang yang produktif. "Para pencari pekerjaan itu usianya berkisar 18-40 tahun," ujar Chang. (art)

Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan membutuhkan 6,7 juta ton beras per tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024