BISNIS

Alot, Penentuan Nasib Agus Martowardojo

Namun, fraksi mengisyaratkan keputusan dilakukan secara aklamasi.

ddd
Selasa, 26 Maret 2013, 18:01 Arinto Tri Wibowo, Nina Rahayu
Menteri Keuangan Agus Martowardojo
Menteri Keuangan Agus Martowardojo (ANTARA/Rosa Panggabean)

VIVAnews - Proses pengambilan keputusan terkait hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon tunggal gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, masih berjalan alot. Namun, mayoritas fraksi di Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat mengisyaratkan keputusan akan dilakukan secara aklamasi.

"Yang saya tangkap ke arah sana (aklamasi)," kata anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PKB, Anna Muawanah, di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa 26 Maret 2013.

Anna menambahkan, beberapa fraksi seperti Partai Golkar dan PDI Perjuangan meminta keputusan untuk menentukan calon gubernur BI diundur. Pertimbangan mereka, ada partai tengah disibukkan dengan agenda organisasinya, seperti akan melangsungkan kongres luar biasa. "Tapi, sejauh ini belum ada keputusan final," tegas Anna.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Azis, kepada VIVAnews, menegaskan, masih terjadi perdebatan antarfraksi terkait proses pengambilan keputusan terkait hasil uji kelayakan Agus Martowardojo sebagai calon gubernur BI.

Namun, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, telah menyatakan menolak pencalonan Agus sebagai Gubernur Bank Indonesia. Fraksi PKS menilai pencalonan Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai gubernur Bank Indonesia tidak tepat dilaksanakan saat ini.

Jika Agus menjadi Gubernur BI, pemerintah harus menunjuk Menteri Keuangan yang baru.

Menurut PKS, pergantian Menteri Keuangan saat situasi ekonomi global tidak menentu seperti saat ini, ditambah situasi politik di Indonesia agak memanas menjelang Pemilu 2014, dapat berdampak negatif bagi pertumbuhan dan stabilitas ekonomi di Indonesia.

“Oleh karena itu, Fraksi PKS DPR merekomendasikan Saudara Agus Martowardojo untuk tetap menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai Menteri Keuangan hingga 2014,” kata anggota Komisi XI Bidang Keuangan dan Perbankan DPR dari Fraksi PKS, Ecky Awal Mucharam.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com