BISNIS

DPR Belum Putuskan Nasib Agus Marto Sebagai Gubernur BI

Data DPR terkait Agus dianggap belum lengkap.

ddd
Selasa, 26 Maret 2013, 18:32 Iwan Kurniawan, Nina Rahayu
Calon tunggal Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Calon tunggal Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo. (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews - Komisi XI DPR RI masih belum bisa menentukan nasib calon tunggal Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo. Rapat yang berlangsung sejak pukul 13.00 WIB, Selasa 26 Maret 2013, hingga berita ini diunggah belum selesai. Sidang bahkan diskors dan dilanjutkan malam ini.

Wakil Ketua Komisi XI dari partai Golkar Harry Azhar Aziz mengaku Golkar masih melakukan konsolidasi internal untuk menyelidiki informasi mengenai keterlibatan Agus Marto dalam kasus korupsi Hambalang. "Golkar bertangung jawab penuh soal siapa yang dipilih," kata Harry di Gedung DPR RI Jakarta.

Harry menilai DPR perlu menelusuri rekening Agus Marto. Data yang diberikan PPTAK tidak menjamin Agus Marto tidak melakukan transaksi mencurigakan. "Data PPATK menunjukkan Agus Marto tidak melakukan transaksi mencurikan, tapi tidak menjamin Agus Marto tidak melakukan transaksi mencurigakan di luar data PPATK," katanya, bercuriga.

Mengacu pada hal tersebut, Harry menyatakan data-data yang dipegang DPR saat ini masih belum lengkap. Ditambah lagi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak memberikan informasi latar belakang Agus Marto dan sejauh mana keterlibatannya dalam kasus Hambalang.

Harry bahkan menduga Agus berpotensi menjadi tersangka kasus Hambalang. "Saya terus terang saja, dia berpotensi menjadi tersangka Hambalang dan itu bahaya," ujarnya.

Dalam berbagai kesempatan, Agus telah membantah tudingan soal keterlibatannya dalam kasus Hambalang. Dia sendiri menyatakan siap mundur dari kursi Gubernur BI jika terbukti terlibat. Selengkapnya, klik berita ini.

Sebelumnya, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera menilai pencalonan Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia tidak tepat dilaksanakan saat ini. Jika Agus menjadi Gubernur BI, maka pemerintah harus menunjuk Menteri Keuangan yang baru. (Baca selengkapnya: PKS Tolak Agus Martowardojo Jadi Gubernur BI).



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com