BISNIS

10 Franchise Asal Paman Sam Siap Masuk Indonesia

Perusahaan asing itu akan menawarkan produk dan makanan.
Selasa, 2 April 2013
Oleh : Ita Lismawati F. Malau, Arie Dwi Budiawati
Sejumlah produk makanan waralaba asing mendulang sukses di Indonesia
VIVAnews - Indonesia akan dibanjiri produk waralaba asing (franchise), tahun ini. Ketua Dewan Penasihat Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Amir Karamoy mengatakan, produk waralaba asing yang segera masuk terdiri dari minuman dan makanan.

"Akan ada sepuluh franchise asal Amerika Serikat yang masuk ke Indonesia," kata Amir saat ditemui di Jakarta, Selasa 2 April 2013.

Namun, Amir tidak mau menjelaskan detail nama-nama perusahaan yang segera membuka cabangnya di Indonesia tersebut. Dia hanya menjelaskan, perusahaan asing itu berencana mendirikan maksimal 250 gerai, sesuai aturan Peraturan Menteri (Permendag) Nomor 7/DAG/PER/2/2013 tentang Pengembangan Kemitraan dalam Waralaba Bidang Makanan dan Minuman.

"Mereka ingin gerai-gerai itu jadi milik sendiri. Konsep mereka itu adalah area development dan itu ada dalam dunia waralaba. Saya mendengarnya langsung dari Kedubes Amerika," kata dia.

Menurutnya, Permendag itu membuat para pemilik franchise asing memutar otak untuk menemukan cara menentang peraturan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Amir menilai, jumlah gerai maksimal franschise sebaiknya diturunkan menjadi puluhan saja.

"Saya menyarankan agar jumlah 250 gerai itu menjadi 33 gerai. Jumlah 250 itu besar. Saya kira 33 gerai cukup karena jumlah provinsi kita ada 33. Jadi, satu gerai ada di setiap provinsi," kata dia.





TERKAIT
TERPOPULER