Suswono Dukung Temuan BPK Dilaporkan ke Penegak Hukum

Mentan Suswono DiPeriksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Pertanian, Suswono, mengaku belum menerima laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kasus importasi daging sapi. Dalam hasil pemeriksaannya itu, BPK menemukan indikasi pelanggaran peraturan dan perizinan impor daging sapi.

"Saya belum mendapat laporannya. Nanti saya akan mempelajari apa masalahnya kalau ada indikasi pelanggaran dan di mana letak pelanggaran itu," ujar Suswono di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 3 April 2013.

Mengenai dugaan pemalsuan dokumen impor, menurut Suswono, sebaiknya itu diserahkan kepada penegak hukum agar dapat segera mendapat proses tindak lanjut.

Kementerian Pertanian, lanjut Suswono, tidak keberatan dan mendukung temuan BPK mengenai pemalsuan dokumen impor itu dilaporkan kepada kepolisian selaku aparat hukum yang berwenang.

"Saya belum dapat laporan. Jadi, saya tidak tahu persisnya seperti apa. Nanti akan kami laporkan ke pihak berwajib," kata Suswono.

Suswono mengharapkan dapat segera menerima hasil audit BPK itu demi mempelajari sekaligus mengambil langkah lebih lanjut sesuai rekomendasi yang diberikan.

"Saya belum tahu kerugiannya seperti apa. Biasanya kan BPK setelah melakukan audit, pasti ada rekomendasi. Rekomendasi itu lah yang kami tindak lanjuti," kata dia.

Sebelumnya, BPK telah menyerahkan hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas permintaan Dewan Perwakilan Rakyat terkait mekanisme importasi daging sapi.

BPK melaporkan temuannya mengenai indikasi kelalaian pada tingkat kementerian terkait dalam pemberian persetujuan impor dari periode 2011 hingga saat ini.

"Masih ditemukan kelalaian dalam penerbitan persetujuan impor yang tidak berdasarkan rekomendasi persetujuan pemasukan, yang dikoordinasikan di tingkat menko oleh mendag dan mentan," ujar Ketua BPK, Hadi Purnomo, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 2 April 2013. Selengkapnya baca

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024