Pemerintah Kebut Pembangunan Jalur KA Ganda Serpong-Maja

Pembangunan jalur ganda kereta Serpong-Maja
Sumber :
  • Antara/ M Iqbal
VIVAnews - Kementerian Perhubungan menargetkan rel jalur ganda (doble track) dari Serpong-Maja bisa diselesaikan pada akhir tahun ini. Pembangunan jalur ganda ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas lalu lintas kereta api, dari yang tadinya 101 perjalanan per hari menjadi 128 perjalanan.
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

"Kita targetkan double track-nya bisa selesai pada akhir 2013. Saat ini, sedang menyelesaikan persoalan kelistrikan," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan, dalam acara diskusi di Jakarta, Senin 8 April 2013.
Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Jalur ganda dengan panjang 33 kilometer ini, menurut Tundjung, memakan anggaran hingga Rp1,2 triliun yang dimulai sejak 2008. Dengan beroperasi jalur ganda ini, pemerintah berharap bisa meningkatkan keselamatan dengan mengurangi pesilangan antarkereta api serta mempercepat waktu tempuh.
Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Pekerjaan-pekerjaan yang sedang dilakukan kementerian saat ini adalah pembangunan jalur ganda sepanjang 33 kilometer, pembangunan 84 unit jembatan, peningkatan persinyalan di sembilan stasiun, dan peningkatan stasiun dengan penyediaan fasilitas 'park and ride' di setiap stasiun.

Sementara itu, jalur ganda Tanah Abang-Serpong sepanjang 22,7 kilometer sudah beroperasi sejak April 2007. Sedangkan jalur ganda Serpong-Parung Panjang sejauh 11,75 kilometer sudah diuji coba dan akan mulai dioperasikan pada pertengahan April mendatang.

Tundjung menyatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pekerjaan penyelesaian elektrifikasi, persinyalan, dan telekomunikasi jalur ganda. (sj)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya