Pemerintah Tak Larang 90 Perusahaan Hengkang dari Jakarta

Buruh pabrik sedang menikmati makan siang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
David Da Silva Hattrick, Persib Bandung Benamkan Persebaya Surabaya
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa berharap kawasan Jakarta dan sekitarnya bisa meningkatkan daya saing. Harapan Hatta ini terkait rencana hengkangnya 90 perusahaan dari tJakarta.
Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

"Jangan cuma negara dengan negara yang tingkatkan daya saing, tapi antar provinsi daya saingnya juga ditingkatkan," ujar Hatta saat ditemui di Kantor Presiden, Kamis, 11 April 2013.
Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka


Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengklaim bahwa ada sektar 90 perusahaan yang akan merelokasi pabriknya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Relokasi tersebut rencananya akan dilakukan bertahap dan membutuhkan waktu sembilan bulan hingga satu tahun.


Menurut Apindo, relokasi tersebut dipicu permasalahan upah minimum provinsi yang naik hingga 40 persen di DKI Jakarta dan sekitarnya. Sementara, upah di Jatim dan Jateng masih sekitar Rp1 juta.


Mengenai relokasi ini, Hatta mengaku pemerintah tak mengeluarkan larangan. Ia bahkan menilai, relokasi antar provinsi lebih baik ketimbang ke luar negeri.


"Jauh lebih baik dibanding relokasinya ke Vietnam atau kemana-mana," katanya.


Hatta juga mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan daerah lain sebagai pusat investasi baru di Indonesia, sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi bisa merata. "Kami siapkan Sumatera dan Kalimantan," ujar Hatta. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya