Tujuh Kota Berbiaya Hidup Termahal di AS

Perayaan Tahun Baru di New York, AS.
Sumber :
  • REUTERS/Gary Hershorn
VIVAnews -
Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23
Di tengah ketidakpastian ekonomi di Amerika Serikat, biaya hidup terus meningkat setiap tahunnya. Beberapa kota di AS bahkan biaya hidupnya lebih mahal hingga dua kali lipat dari kota lainnya.
3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!

Masyarakat AS yang coba bertahan, nekad berkorban mengencangkan ikat pinggang untuk tetap bertahan di kota-kota tersebut. Dikutip dari
Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut
Business Insider , Senin 15 April 2013, berikut ini tujuh kota termahal di Amerika Serikat, dimulai dari indeks terendah:

7. Orange County, California

Dari 20 kota yang ada di California, tiga di antaranya masuk dalam tujuh kota dengan biaya hidup termahal di AS. Salah satunya adalah Orange County. Indeks biaya hidup di Orange County sebesar 140,6, didorong oleh mahalnya harga rumah. Namun, harga segalon susu atau steak T-bonedi OC paling murah di AS.


6. Washington DC

Ibu kota AS ini berada di peringkat keenam kota termahal di AS, dengan indeks biaya hidup sebesar 144,6. Harga rata-rata rumah di Washington senilai US$746.549. Untuk dapat bertahan hidup di Washington DC, diperlukan pekerjaan dengan gaji di atas rata-rata.


5. Stamford, Connecticut

Harga rumah dan biaya hidup hampir dua kali rata-rata nasional di Stamford. Harga rumah di Stamford senilai US$569.411 per unit, sedangkan harga segalon susu (3,7 liter) sebesar US$2,5, lebih mahal dari New York City. Meski mahal, letak Stamford tidak jauh dari Manhattan, sehingga banyak warga New York yang tinggal di Stamford.


4. San Jose, California

San Jose dikenal dengan sebutan kota miliuner. Pendapatan rata-rata masyarakat di San Jose mencapai US$79.405, atau 50 persen lebih tinggi dari pendapatan rata-rata nasional. Walaupun tingkat pendapatan tinggi, indeks biaya hidup San Jose mencapai 153,4, atau lebih rendah dari San Francisco atau New York City.


3. San Francisco, California

Kota termahal di negara bagian California dengan indeks biaya hidup 163,4. Harga rata-rata rumah sebesar US$810.067, mendekati harga rumah di New York City. Biaya hidup di San Francisco mungkin tinggi, namun harga sebotol wine lebih murah dari kota-kota lainnya.


2. Honolulu, Hawaii

Tidak mengejutkan jika Honolulu memiliki biaya hidup yang tinggi, karena pulau ini dikenal dengan keindahan dan cuaca yang bagus. Dua paduan tersebut menjadikan minat wisatawan tinggi untuk datang dan membuat harga menjadi serba mahal.


Sebagai contoh, harga rata-rata satu galon susu di Honolulu lebih dari US$3, atau lebih mahal dari New York City yang hanya US$2 per galon. Namun, harga rumah di Honolulu masih lebih rendah dari enam kota termahal lainnya, yaitu US$668.020.


1. New York City


Daerah elite New York City, Manhattan, dikenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. Harga rata-rata rumah di Manhattan lebih dari US$1,3 juta. Indeks biaya hidup di New York mencapai 225,4, dan lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya 100. Harga rumah, peralatan, makanan, dan transportasi sangat mahal di kota ini.


Selain Manhattan, harga rumah di distrik lainnya di New York, Brooklyn, juga sangat mahal, yakni US$1 juta per unit. Distrik paling murah di New York adalah Queens, dengan indeks biaya hidup 148,3 dan harga rata-rata rumah di wilayah itu hanya US$630.000. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya