Bumi Plc Mulai Restrukturisasi Dewan Direksi

Batu bara banyak diekspor ke luar negeri
Sumber :
  • REUTERS/David Stanway

VIVAnews - Bumi Plc mulai menjajaki sejumlah kandidat untuk menjabat sebagai kepala keuangan korporat (CFO) perusahaan. Upaya itu seiring dengan rencana untuk merestrukturisasi dewan direksi Bumi Plc.

Dalam penjelasan tertulis Bumi Plc, Rabu 17 April 2013, disebutkan, CFO Bumi Plc saat ini, Scott Merrillees, akan fokus pada perannya sebagai CFO PT Berau Coal Energy Tbk.

Merrillees tidak akan mencalonkan diri lagi pada rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) Bumi Plc pada 26 Juni 2013. Saat itu, ia akan mundur sebagai CFO Bumi Plc.

Kepala Eksekutif Korporat (CEO) Bumi Plc, Nick von Schirnding, mengatakan, Bumi Plc berkomitmen untuk merestrukturisasi dewan direksi perusahaan dalam RUPST mendatang. "Saya berterima kasih kepada Scott atas kontribusinya sebagai CFO perusahaan," ujarnya.

Sebelumnya, pada Februari lalu, dewan direksi Bumi Plc memang akan memprioritaskan sejumlah langkah, di antaranya merestrukturisasi dewan direksi yang akan dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Namun, upaya itu akan dijalankan sesuai urgensinya.

Selain itu, dewan direksi memprioritaskan pelaksanaan pemisahan Bumi Plc dari Grup Bakrie dan PT Bumi Resources Tbk, serta akan secepatnya meminta persetujuan dari pemegang saham atas transaksi itu.

Sementara itu, Samin Tan sebelumnya juga telah menyampaikan kepada dewan direksi bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai chairman Bumi Plc setelah ditunjuk penggantinya. Namun, Samin Tan akan tetap duduk di dewan direksi sebagai wakil pemegang saham mayoritas Bumi Plc dan sebagai mitra bisnis di Indonesia.

Dinyatakan dalam situs Bumi Plc, chairman yang baru diharapkan merupakan sosok yang memiliki pengalaman yang luas dan memahami kondisi pasar saham di Bursa Efek London. Proses pengangkatan chairman baru ini juga akan dikonsultasikan dengan pemegang saham independen terbesar.

Dewan direksi juga akan kembali direstrukturisasi dan dirampingkan, dengan tetap mempertahankan sebagian besar direktur independen. Selain itu, dewan direksi akan terus fokus pada upaya perbaikan operasional dan penguatan manajemen di Berau Coal Energy.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Saat ini, berdasarkan situs Bumi Plc, susunan direksi perusahaan adalah:

Samin Tan, Chairman
Nick von Schirnding, Chief Executive Officer and Executive Director
Scott Merrillees, Chief Financial Officer and Executive Director
Alexander Ramlie, Non-Executive Director
Sir Julian Horn-Smith, Deputy Chairman and Senior Independent Director
Lord Renwick, Independent Non-Executive Director
Steven Shapiro, Independent Non-Executive Director
Sir Graham Hearne, CBE, Independent Non-Executive Director
Amir Sambodo, Independent Non-Executive Director
Graham Holdaway, Independent Non-Executive Director
Sir Richard Gozney, Independent Non-Executive Director
Paul Vickers, General Counsel and Company Secretary

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

Baca juga:


Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya
Ilustrasi lokasi pembacokan.

Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian

Seorang siswa SMP di Depok, Jawa Barat, menjadi korban begal. Korban dibacok di bagian punggung hingga luka sobek parah. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk me

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024