Gubernur Jatim Surati Menkeu soal BBM Bersubsidi

Rencana pembatasan BBM, petugas SPBU melayani pembeli
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma
VIVAnews - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melayangkan surat ke Menteri Keuangan Agus Martowardojo, terkait rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium pada Mei mendatang.  
Persik Kediri Minta Maaf Usai Kena Bantai Bhayangkara FC

Menurutnya, dalam surat tersebut, ia minta agar BBM untuk warga miskin tidak dibatasi dan mohon saran jalan keluar dalam menghadapi hal tersebut.
Piknik ke Ragunan, Satu Keluarga Tertimpa Pohon Tumbang Hingga Dirawat di RSUD

"Pengurangan subsidi tidak bisa ditahan. Kondisinya sudah lampu kuning. Makanya kami minta, pembatasan subsidi BBM dilakukan untuk orang-orang kaya. Untuk rakyat miskin, subsidi jangan sampai dicabut," kata Soekarwo, saat ditemui di Gedung DPRD Jawa Timur, kemarin.
Lolly Mohon-mohon Minta Ketemu, Nikita Mirzani Lebih Pilih Lakukan Ini Bareng Anak Laki-Lakinya

Namun, menurutnya, soal mekanismenya nanti bagaimana diserahkan ke pemerintah. "Yang penting, subsidi untuk orang miskin jangan dikurangi," kata Soekarwo.

Sedangkan untuk pengawasan penggunaan subsidi BBM di Jatim, pemerintah daerah menyerahkannya ke PT Pertamina. "Pemprov Jatim juga tidak mungkin melakukannya setiap hari," jelasnya.

Seperti diberitakan, penarikan subsidi BBM sudah hampir pasti dilakukan oleh pemerintah. Pemerintah akan menerapkan penjualan BBM Premium untuk motor dan angkutan umum Rp4.500 per liter dan mobil pribadi pelat hitam sebesar Rp6.500 per liter.

Kebijakan itu dikombinasi dengan kebijakan lain. Seluruhnya menjadi satu paket yang diklaim akan membuat ekonomi nasional tetap sehat. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya