BISNIS

SBY Ungkap Empat Pilar Topang Ekonomi ASEAN

"Apakah Indonesia siap? Kita yang harus menjawabnya."

ddd
Kamis, 18 April 2013, 12:28 Iwan Kurniawan, R. Jihad Akbar
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( ANTARA/Andika Wahyu)
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan ada empat pilar yang akan diterapkan pemerintah dalam menyambut ASEAN Economic Community (AEC) 2015.

Empat pilar tersebut diungkapkan SBY di Jakarta, Kamis, 18 April 2013. Pilar pertama, menurut SBY, menjadikan Indonesia sebagai kawasan pasar tunggal dan basis produksi di kawasan ASEAN. Untuk itu, sarana dan prasarana, khususnya infrastruktur harus dapat memadai.

"Kedua, kita secara ekonomi harus memiliki daya saing," ujar SBY saat memberikan pidato di ajang "Indonesian Young Leader Forum II 2013".

Pilar ketiga, SBY menjelaskan, ketimpangan ekonomi antar negara-negara di ASEAN tidak terlalu jauh. Kondisi itu bertujuan agar integrasi ekonomi tersebut tidak saling merugikan antarnegara.

Pilar keempat adalah integrasi komunitas ASEAN tidak hanya kuat di internal. Tetapi, dapat terintegrasi di kawasan global. "Pertanyaannya, apakah ASEAN siap? Apakah Indonesia siap? Ini yang harus kita jawab ke depannya," kata ketua umum Partai Demokrat ini. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com