Anggaran Belum Cair, Ujian Nasional SD Terancam Batal

Ilustrasi anak-anak Sekolah Dasar.
Sumber :
  • sp2010.bps.go.id
VIVAnews - Ujian nasional (UN) untuk tingkatan sekolah dasar (SD) terancam tidak bisa dilaksanakan. Sebab, anggaran pelaksanaannya masih diblokir Kementerian Keuangan.
Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Herry Purnomo di kantornya, Jakarta, Jumat 19 April 2013, mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp100,82 miliar untuk pelaksanaan UN tahun ini. Anggaran tersebut, pencairannya diblokir karena prasyaratnya belum dipenuhi.
Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

"Yang jelas, untuk UN masih ada Rp100 miliar. Itu katanya buat ujian SD, padahal ujiannya kan belum berlangsung," ujarnya. 
Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Dia mengimbau kepada Kemendikbud untuk segera mengurus prasyarat tersebut. Antara lain, memberikan perencanaan anggaran yang baik terkait pelaksanaan UN putaran terakhir itu. "Informasi akan digunakan untuk ujian SD, kalau mereka tidak berusaha untuk mempercepat itu, yah gimana," tutur Herry.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dalam APBN 2013, anggaran UN dipatok sebesar Rp543 miliar. Namun pada awal tahun, Kemendikbud meminta penambahan anggaran sebesar Rp100,82 miliar. Dengan demikian, anggaran tersebut mengelembung menjadi Rp644,27 miliar. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya