Pemerintah Bantah Terjadi Penimbunan Solar

Minyak solar habis di SPBU/Ilustrasi
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya
VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membantah kabar telah terjadi penimbunan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar sehingga langka di berbagai daerah. Demikian ungkap
Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial
Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo, hari ini.

Bacok Penjual Nasgor di Cilincing hingga Tewas, Bucing Terancam Hukuman 15 Tahun Bui
"Tidak benar kalau ada SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) yang tidak mendapatkan Solar selama tiga-empat hari. Sebab, setiap SPBU selalu mendapatkan jatah harian," kata Susilo di kantornya.

Presenter Cantik Asal Spanyol Ini Bukan Manusia
Kementerian ESDM, lanjut Susilo, telah berkoordinasi dengan PT Pertamina untuk mendistribusikan solar bersubsidi. Solar tersebut disalurkan kepada ribuan SPBU setiap hari.

"Saya sudah berbicara dengan Pak Hanung (Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya). Ayo, secepatnya (mengurai antrean Solar). Sebab, setiap hari harus ada jatah meski bergantung pada kuota. Misalnya, solar sejumlah 15 juta kiloliter dibagi untuk lima ribu SPBU," kata dia.

Selain itu, Susilo menambahkan, pemerintah tengah mengatur ulang konsep pemerataan solar bersubsidi. Ini agar antrean bisa kembali normal.

Kementerian ESDM juga mengancam bakal menghukum SPB yang ketahuan terlibat dalam kelangkaan BBM ini. "Makanya, kalau SPBU bermain, dicabut," kata Susilo. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya