Istaka Karya: Tunggakan Gaji Pekerja Jalan Layang Rp24 Miliar

Buruh Proyek Infrastruktur Masih Belum Beraktivitas
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Para pekerja PT Istaka Karya, salah satu kontraktor yang menggarap proyek jalan layang non tol Kampung Melayu-Tanah Abang di DKI Jakarta, sejak 30 hari lalu berhenti bekerja. Pekerja berhenti bekerja karena mengetahui tidak akan ada pembayaran untuk hasil jerih payah mereka.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Proyek itu kini dihentikan oleh Pemda DKI, karena menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Direktur Utama Istaka Karya, Kasman Mudammad, kepada VIVAnews, Kamis 25 April 2013, tidak membantah kenyataan itu.

Kasman menjelaskan, sebelumnya, para pekerja masih terus bekerja, karena manajemen masih bisa memberikan keyakinan bahwa anggaran akan segera turun dan upah mereka dibayarkan.

"Hingga saat ini kami punya tunggakan gaji karyawan sekitar Rp24 miliar dalam pengerjaan proyek ini," ujar Kasman.

Menurut Kasman, angka Rp24 miliar itu merupakan tagihan berjalan yang diakibatkan proses konstruksi terus berlanjut, walaupun sejak Januari tidak ada kucuran anggaran dari pemda.

Istaka, Kasman melanjutkan, sebenarnya baru saja selamat dari pailit. Pengelolaan dana proyek ini adalah PT Sumber Sari, yang merupakan rekanan  kerja sama operasi (joint operation) dalam menggarap jalan layang non tol ini.

"Mereka yang urus keuangannya. Kami hanya urus permasalahan teknis dan bekerja saja,” kata Kasman.

Menurut Kasman, Istaka masih mempunyai jatah dana pada tahun anggaran 2013 untuk menyelesaikan proyek senilai Rp40 miliar.

Dengan demikian, Kasman melanjutkan, masih ada anggaran Rp64 miliar yang seharusnya diterima Istaka untuk merampungkan proyek jalan layang non tol ini.

Manajemen Istaka telah meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera mengeluarkan anggaran demi penyelesaian proyek itu. Sebab, dalam tahapan konstruksi saat ini adalah yang paling riskan, karena harus ada pengecoran lanjutan agar beton yang melintang di Jalan Sudirman tersebut seimbang. Selengkapnya baca (art)

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024