Munaslub Kadin Tandingan Cuma Dihadiri 6 Peserta

Pembukaan Rapimnas Kadin 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Sejumlah pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar  Musyawarah Nasional Luar Biasa  di Hotel Aston Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat  26 April 2013. Ini merupakan munas kepengurusan tandingan yang tak direstui Kadin pusat.

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Oesman Sapta Odang (OSO) yang menggawangi kubu ini mengatakan bahwa Munaslub ini sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

“Ini sudah diatur undang-undang dan AD/ART organisasi,” katanya.
Menurut  Oesman, Munaslub digelar lantaran adanya ketidakpuasan dari daerah atas kinerja Kadin pusat. Terlebih ketika pengurus memberhentikan Nur Ahmad Affandi dari kepengurusan Kadin DIY.

Oesman mengklaim Munaslub ini dihadiri perwakilan Kadin Daerah dari 22 provinsi dan 18 anggota anggota Kadin Luar Biasa yang berasal dari asosiasi-asosiasi pengusaha. Sayangnya kubu ini tidak membeberkan siapa saja yang datang.

Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Tewaskan 7 Orang

Di Jakarta, sejumlah Ketua Umum Kadin Daerah di Hotel Four Seasons, Sabtu ini berkumpul. Mereka menyatakan bahwa Munaslub Pontianak hanya dihadiri 6 peserta, bukan 22 peserta seperti yang diklaim.

“Tidak benar. Saya sudah cek dan koordinasi dengan seluruh Ketua Kadin Daerah, hanya 6 Ketua Kadin Daerah saja yang hadir,” kata Ketua Kadin Provinsi Jawa Barat, Agung Suryamal Sutisna.

Menurut Agung, pemberitaan yang menyebutkan bahwa ada 22 Ketua Kadin Daerah yang hadir jelas merupakan sebuah kebohongan publik. Agung meminta segera dilakukan verifikasi apakah 22 peserta itu memiliki mandat resmi dari Kadin daerahnya masing-masing atau hanya sekedar datang lalu dianggap sebagai peserta sah.

“Harus jelas mandatnya, karena itu krusial. Tidak bisa mereka main legitimasi bahwa 22 Kadin Daerah yang hadir disana sah sebagai peserta. Silakan datang ke Four Season, kami 24 Kadin Daerah yang menolak Munaslub Pontianak sedang berkumpul disini. Tidak benar itu ada 22 Kadin Daerah yang secara mandat mengikuti Munaslub. Itu kebohongan publik,” tegas Agung.

Hal senada diungkapkan Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur La Nyalla Mattaliti. Menurutnya, seperti hasil Rapat Koordinasi sebelumnya, bahwa 24 Kadin Daerah secara resmi menolak Munaslub Pontianak.

“Itu tidak jelas siapa yang hadir di Pontianak, yang jelas mereka yang hadir di Pontianak tidak memegang mandat resmi dari Ketua Kadin Daerahnya masing-masing. Kecuali hanya 6 saja,” kata La Nyalla.

Berdasarkan data dari Munaslub Pontianak yang diperoleh wartawan, berikut daftar nama peserta yang menghadiri :

1. Ketua Kadin NTB, Barry Djadid
2. Ketua Kadin Sulawesi Barat, Harry Warganegara
3. Ketua Kadin Sulawesi Tenggara, Harri Assiku
4. Ketua Kadin Gorontalo, Iqbal Ruray
5. Ketua Kadin Maluku, Daniel Sohilait
6. Ketua Kadin Papua, John Kabey

Sementara dari Kadin Pusat hanya dihadiri Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Oesman Sapta Odang, putra daerah Pontianak yang secara kebetulan menggelar Munaslub Kadin di daerah asalnya, Pontianak, Kalimantan Barat.

Dari forum Asosiasi juga hanya dihadiri oleh Ketua Kerukunan UKM Indonesia, Azwir Dainy Tara, serta ketua forum Kadin Tandingan Nur Achmad Affandi. Nur Achmad merupakan mantan Ketua Kadin DIY yang dipecat atas permintaan Dewan Pertimbangan Kadin DIY karena melanggar AD/ART dengan mendirikan forum Kadin “liar”.

Sementara pada kubu yang menolak Munaslub, terdiri:
1. 24 Kadin Daerah atau 80% lebih dari seluruh jumlah Kadin Daerah yang sebanyak 33 anggota.
2. Ketua Dewan Penasihat Kadin Indonesia, Fahmi Idris.
3. Seluruh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia yaitu (Sofjan Wanandi, Agus Gumiwang Kartasasmita, Toni Uloli dan Azis Sjamsuddin) yang menjadi rekan dari Oesman Sapta di Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.
4. Forum-forum Asosiasi besar seperti REI, API, Apindo, Gapmmi dan sebagainya.
5. Seluruh Dewan Pengurus Pusat Kadin Indonesia.

Menurut Ketua Kadin Bengkulu Fery Rizal, kalau dilihat dari pemetaan tersebut, cukup aneh kalau 6 peserta tersebut masih kekeh menggelar Munaslub Pontianak karena secara legitimasi pun kekurangan kuota suara.

“Ini jelas ada tendensi tidak benar,” kata Fery.

VIVA Militer: Rudal balistik Jericho militer Israel

Breaking News: Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Ledakan Terjadi di Isfahan

Rudal Israel menghantam sebuah lokasi di Iran, menurut stasiun penyiaran AS ABC News, Jumat, 19 April 2024. Ini merupakan serangan balasan Israel

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024