China Akan Impor Kakao Triliunan Dolar dari RI

Kakao
Sumber :
VIVAnews -
Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Negara terbesar di Asia, China, akan mengimpor bijih kakao asal Indonesia sebesar US$1 triliun selama lima tahun ke depan. Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri China, H.E Wang Yi, seusai bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, Kamis 2 Mei 2013.
Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

Selain mengimpor bahan baku cokelat, para investor China, menurut Wang Yi, dalam lima tahun ke depan, akan menggelontorkan investasi sebesar US$1,5 triliun ke seluruh dunia.
100 People Still Missing in Moscow Concert Hall Attack


"Kami mengharapkan sahabat kami Indonesia dapat mengambil lebih banyak jatah investasi itu," ujar Wang Yi.


Ia menjelaskan, selama ini kerja sama antara China dan Indonesia terus meningkat setiap tahun. Namun, masih banyak potensi kedua negara yang dapat dikembangkan di masa depan.


Ia memaparkan, hingga saat ini, volume perdagangan antara kedua negara sebesar US$60 miliar dan interaksi personel antara pebisnis Indonesia dengan China mencapai 600 ribu orang per tahun.


"Kerja sama tersebut masih kurang dan belum tercermin kekuatan kita bersama. Kami akan manfaatkan terus potensi kerja sama ini," katanya.


Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengungkapkan, pemerintah Indonesia menyambut baik niat pemerintah China tersebut. Pemerintah juga berencana untuk meningkatkan kerja sama kedua negara, khususnya peningkatan ekspor Indonesia ke China hingga dua kali lipat pada 2015.


"Kami juga ingin investor China berinvestasi di Indonesia untuk mengolah kekayaan sumber daya alam seperti dari laut, agro, dan mineral," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya