HIPMI: Dampak Psikologi Wacana Kenaikan BBM Telah Terjadi

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Paragames 2018 (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari.
Sumber :
  • Antara Foto
VIVAnews -
Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
Walaupun pemerintah belum menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, namun dampak psikologi wacana ini telah terjadi. Harga-harga barang telah merangkak naik berkali lipat akibat pemerintah tidak tegas dalam mengimplementasikan kebijakan ini.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Raja Sapta Oktohari, mengungkapkan  sikap tidak tegas pemerintah membuat sebagian pengusaha berspekulasi dengan menaikan harga sebelum biaya produksinya meningkat akibat naiknya harga BBM.
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi


"Dampaknya  sudah terjadi sekarang-sekarang ini, karena kemarin ada wacana dua harga BBM subsidi sampai pencabutan subsidi," ujarnya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 3 Mei 2013.


Para pengusaha, menurutnya, meminta pemerintah untuk segera memberi kepastian kebijakan BBM bersubsidi, sehingga penyesuaian harga yang dilakukan dapat dilakukan secara rasional. "Kalau tidak ada kepastian itu akan berdampak psikologis," katanya.


Menurutnya, ketidakpastian kebijakan BBM bersubsidi menimbulkan kelangkaan BBM di lapangan. Untuk mengatasi ini, para pengusaha terpaksa menaikkan harga untuk menutupi kelangkaan BBM yang terjadi. Pada akhirnya, masyarakatlah yang terkena dampak tersebut karena semakin berat menghadapi kenaikan harga yang berlipat.


Dampak psikologis dapat diredam dengan cara memastikan ketersediaan BBM bersubsidi. Dengan cara ini, maka distribusi barang tidak terhambat dan akhirnya beban masyarakat selaku konsumen tidak semakin berat. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya