Kenaikan Tarif Tol Makassar Tunggu Menteri PU

Jalan Tol Semarang-Solo
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) masih merampungkan proses kenaikan tarif tol Makassar. Kepala BPJT, Achmad Gani Ghazali, Senin 6 Mei 2013, mengungkapkan, pengujian standar pelayanan minimum untuk ruas tol yang tarifnya naik lebih dulu tahun ini tersebut selesai dilakukan beberapa waktu lalu.

"Tinggal administrasi saja di kementerian, mungkin pekan depan selesai," kata Gani kepada VIVAnews.

Besaran kenaikan tarif tol itu, menurut Gani, sama dengan ruas tol lainnya, yakni sekitar 9-11 persen. Proses administrasinya, menurut dia, sedang dirampungkan, termasuk menunggu tanda tangan Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

Jalan tol Makassar ini mempunyai panjang 11,57 kilometer dan dikelola oleh PT Nusantara Infrastructure Tbk melalui anak usahanya PT Jalan Tol Seksi Empat. Nusantara Infrastructure memiliki saham sebesar 95 persen pada anak usahanya itu.

Kenaikan tarif jalan tol diatur dalam Undang-Undang No. 38/2004 tentang Jalan pasal 48 dan Peraturan Pemerintah No. 15/2005 tentang Jalan Tol pasal 68 soal penyesuaian tarif tol yang berlaku tiap dua tahun sekali.

Besaran kenaikan tarif jalan tol nantinya akan didasarkan pada tingginya angka inflasi di daerah tersebut selama dua tahun.

Saat ini, tarif tol Makassar IV untuk golongan I yang masuk melalui pintu tol Parangloe sebesar Rp6.000, sedangkan jika masuk melalui pintu tol Biringkanaya dan Tamalanrea tarif yang dikenakan Rp7.000.

Selain kenaikan tarif tol Makassar, tahun ini tercatat ada 17 ruas tol lain yang tarifnya juga akan naik. Mereka adalah Surabaya-Mojokerto seksi I yang direncanakan naik pada Agustus 2013.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Pada September 2013, tarif tol yang akan mendapat giliran naik adalah Jagorawi, Jakarta-Tangerang, tol Dalam Kota, Jakarta Outer Ring Road (JORR), Padalarang-Cileunyi, dan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

Selain itu, ruas lain yang akan naik adalah tol Semarang seksi ABC, Surabaya-Gempol, Palimanan-Kanci, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Serpong-Pondok Aren, Tangerang-Merak, Ujung Pandang tahap I dan II, serta tol Pondok Aren-Ulujami.

Sementara itu, untuk November yang dijadwalkan naik adalah tol Semarang-Solo seksi I dan tol Bogor Ring Road seksi I.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024