Chatib Basri: Saya Tak Mau Berandai-andai

Chatib Basri
Sumber :
  • facebook.com

VIVAnews - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Chatib Basri, enggan menanggapi isu pemberitaan seputar menteri keuangan definitif yang akan dilantik pekan ini.

Kepada VIVAnews, Senin 13 Mei 2013, Chatib menyatakan, Presiden mempunyai wewenang penuh menunjuk siapa pun untuk menjadi pembantunya di kabinet. Meski disebut-sebut sebagai sosok yang potensial menjabat menteri keuangan pengganti Agus Martowardojo, Chatib tak mau berkomentar soal itu.

"Nanti saja, menunggu kepastian dari Presiden. Saya tidak mau berandai-andai," ujar Chatib.

Sebelumnya, tersiar kabar bahwa ekonom dan Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Hari Wibowo ditunjuk sebagai calon menkeu yang baru.

Namun, saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Senin 13 Mei 2013, Menko Perekonomian Hatta Rajasa telah membantah isu penunjukan Dradjad menjadi menkeu yang baru itu.

"Menkeu, besok dilantik. Drajad Wibowo mau jadi menkeu, itu tidak betul. Mas Dradjad sekarang sedang tugas di Eropa dan Presiden sudah menetapkan dalam minggu ini akan segera melantik menkeu baru. Yang pasti tidak dari parpol," ujar Hatta.

Selain Dradjat yang santer disebut menggantikan posisi Agus Marto, dari kalangan profesional, nama Chatib Basri memang santer disebut-sebut mendapat dukungan dari berbagai pihak. Presiden SBY juga dikabarkan terkesan pada kemampuan Chatib, khususnya di bidang makro ekonomi dan ekonomi politik.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan bahwa dia belum bisa memastikan perihal penunjukan menkeu baru oleh Presiden. "Saya belum bisa memberikan konfirmasi sampai menkeu definitif resmi dilantik oleh Presiden," kata Julian kepada VIVAnews dalam pesan singkatnya.

Kendati demikian, menurut Julian, Presiden SBY segera melantik menkeu baru. "Tentu dalam waktu dekat," ujar Julian. (art)

Nilai Demokrasi Mau Luntur, Front Penyelemat Demokrasi Ikut Ajukan Amicus Curiae ke MK
Donald Trump sata menjalani sidang suap

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan ketiduran saat menghadapi persidangan pertamanya tentang kasus suap yang ia jalani di pengadilan New York. Ini ada

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024