Kriteria Menkeu Baru Versi Hatta Rajasa

Hatta Radjasa di Sukabumi
Sumber :
  • ANTARA/HO/Abe
VIVAnews -
Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, memastikan menteri keuangan yang baru menggantikan Agus Martowardojo akan dilantik besok, Selasa 14 Mei 2013.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Bayern Munich vs Arsenal di Liga Champions

Hatta, Senin 13 Mei 2013, enggan membeberkan siapa orang yang ditunjuk menjadi menteri keuangan definitif itu. Namun, Hatta memberikan kriteria bahwa orang yang akan menjadi bendahara negara tersebut bukan berasal dari kalangan partai politik dan mengerti perekonomian Indonesia.
Seminggu Setelah Kepergian, Istri Babe Cabita Disebut Masih Sering Melamun


"Orang tersebut harus memiliki integritas dan kapabilitas, serta memahami pertumbuhan perekonomian kita. Kewenangan Kementerian Keuangan dalam undang-undang sangat besar, termasuk kebijakan fiskal yang berkaitan dengan penanaman investasi," katanya.


Apakah syarat tersebut mengarah kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Chatib Basri? Hatta hanya tertawa. Ia menegaskan, tidak ingin mendahului Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden, menurut Hatta, yang akan mengumumkan menteri keuangan baru.


"Kalau Presiden tidak menyebutkan, saya tidak akan menyebutkan," kata Hatta.


Hatta menjelaskan, pelantikan menkeu pekan ini tidak berkaitan dengan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RUU APBN-P) yang akan diserahkan dan dibahas bersama DPR mulai esok.


"Itu tidak berkaitan dengan RAPBN-P. Itu sudah dijadwalkan begitu," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya