Tol Ungaran-Bawen Diharapkan Selesai Sebelum Lebaran

Proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR I) seksi W2 Kebon Jeruk-Ulujami
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma
VIVAnews
Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024
- Kementerian Pekerjaan Umum mengharapkan proyek jalan tol Ungaran-Bawen bisa segera selesai untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan para pemudik.

Siapakah Nicole Shanahan? Sosok Miliarder Dermawan Ditunjuk Sebagai Cawapres AS

"Kami berharap jalan tol Ungaran-Bawen bisa beroperasi sebelum Lebaran, sehingga bisa membantu arus mudik," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, kepada
Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan
VIVAnews di Jakarta, Selasa 14 Mei 2013.


Tol Ungaran-Bawen merupakan bagian dari tol Semarang-Solo seksi II sepanjang 11,9 kilometer. Sementara itu, tol Semarang-Solo, adalah bagian dari proyek jalan tol Trans Jawa dengan panjang 72,64 kilometer dan menelan investasi sebesar Rp6,21 triliun.


Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Achmad Gani Ghazali, memperkirakan tol Ungaran-Bawen bisa selesai pada Agustus mendatang. Namun, tidak bisa dipastikan apakah sebelum Lebaran sudah bisa dioperasikan.


"Kalau yang jalur Lebaran mungkin tidak ada jalan tol yang bisa digunakan, namun Ungaran-Bawen mungkin bisa selesai pada Agustus," katanya.


Selain Ungaran-Bawen, Gani melanjutkan, BPJT juga mendorong jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2), Bogor Outer Ring Road (BORR), Gempol-Pandaan, dan Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa dapat menyelesaikan konstruksi jalan pada tahun ini.


Untuk JORR W2, Gani mengungkapkan, tahun ini konstruksinya akan selesai hingga Ciledug. Sementara itu, tol BORR diperkirakan selesai pada akhir tahun ini, namun hanya sampai seksi II A.


Jalan tol lain yang akan rampung tahun ini, Gani menambahkan, adalah Tanjung Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua di Bali. Selain itu, tol Gempol-Pandaan bisa selesai tahun ini, karena pembebasan lahan saat ini sudah di atas 75 persen. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya