Menteri ESDM Minta Tim Selidiki Runtuhnya Tambang Freeport

Lokasi longsor Freeport Indonesia
Sumber :
  • Freeport
VIVAnews
Sempat Berhadapan dengan Maut, Chicco Jerikho Akui Jadi Semakin Dekat dengan Tuhan
- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, meminta tim investigasi menyelidiki penyebab utama runtuhnya tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia. Wacik di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat 17 Mei 2013, belum mengetahui pasti penyebab longsor di area tambang itu.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

"Padahal, tambang bawah tanah itu cukup modern," kata Wacik usai rakor revitalisasi Komite Kebijakan Percepatan Penyediaan Infrastruktur dan PLTU Batang di Jakarta.
Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah


Wacik menjelaskan, area lokasi longsor memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Dia pun belum dapat memastikan apakah longsor terjadi karena getaran atau bukan.


Runtuhan batuan itu terjadi di ruang kelas tambang bawah tanah, Big Gossan, Level 3020, Freeport Indonesia. Longsor itu terjadi pada Selasa 14 Mei 2013 pada pukul 07.30 WIT. Akibat peristiwa itu, puluhan pekerja terperangkap di dalamnya.


Hingga kini, dari 39 pekerja yang terperangkap, ditemukan lima korban tewas dan 13 orang selamat. Saat ini, proses penyelamatan masih berlangsung.


Tim yang dikirim pemerintah terdiri atas Kasubdit Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batu Bara, Kementerian ESDM, beserta tiga orang inspektur pertambangan. Empat orang tersebut yang ditugaskan Wacik untuk menyelidiki penyebab longsornya area tambang di Papua itu.


Dengan adanya bencana itu, Wacik mewanti-wanti seluruh perusahaan tambang di Indonesia untuk lebih memperhatikan area pertambangannya. "Ini jadi pembelajaran bagi seluruh pertambangan di Indonesia," kata dia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya