Batik Air Siap Bersaing dengan Garuda

Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Maskapai penerbangan Batik Air mulai meramaikan persaingan pelayanan penerbangan komersial di Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Sebagai langkah awal, grup perusahaan penerbangan Lion Air ini melakukan penerbangan perdana tujuan Yogyakarta-Jakarta.
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

General Manager Service Lion Air, Ari Azhari, saat acara "1st Flight Ceremony Batik Air" di Bandara Adisucipto, Yogyakarta, Jumat 17 Mei 2013, mengatakan, kehadiran maskapai penerbangan Batik Air memberikan alternatif bagi calon penumpang yang mendapatkan pelayanan penerbangan full service (pelayanan penuh) yang selama ini hanya diberikan PT Garuda Indonesia Tbk.
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Ari menuturkan, meski memberikan pelayanan penerbangan full service, harga tiket yang ditawarkan cukup bersaing dengan maskapai penerbangan yang selama ini memberikan pelayanan khusus.
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Menurut dia, sebelum melayani penerbangan tujuan Jakarta-Yogyakarta dan sebaliknya (pulang pergi/PP), Batik Air juga telah melakukan pelayanan penerbangan dengan tujuan Jakarta-Balikpapan (PP) serta Jakarta-Manado (PP) dengan jumlah penerbangan sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Batik Air juga melayani penerbangan Jakarta-Ambon (PP) sebanyak satu kali dalam satu hari serta Jakarta-Pekanbaru (PP) sebanyak tiga kali penerbangan dalam satu hari.

"Rute yang diambil oleh Batik Air adalah dengan rute penerbangan yang ditempuh lebih dari satu jam. Khusus di Yogyakarta, yang dapat ditempuh kurang satu jam, namun juga dilayani Batik Air, karena permintaan calon penumpang pesawat cukup tinggi untuk tujuan Jakarta-Yogya," tutur Ari.

Lebih lanjut, Ari mengatakan, untuk bulan ini, armada Batik Air yang melayani sejumlah rute penerbangan di Indonesia baru terdapat tiga unit pesawat. Namun, dalam bulan ini juga akan tiba satu pesawat, dilanjutkan bulan depan.

"Armada Batik Air cukup banyak, sehingga nantinya juga akan melayani penerbangan ke luar negeri dengan rute Jakarta-Bali-Australia pada 2014," ujarnya.

Ari menambahkan, dengan jumlah pesawat yang cukup banyak dari grup perusahaan, mulai Lion Air, Wing Air, dan Batik Air, perusahaan optimistis pangsa pasar akan dapat diserap maksimal oleh perusahaan penerbangan grup Lion Air.

"Kami berharap, lebih dari 90 persen pangsa pasar di Indonesia ini dikuasai oleh maskapai penerbangan dari grup perusahaan Lion Air," tuturnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya