Mennaker Desak Freeport Selamatkan 22 Korban Longsor

longsor di Terowongan Big Gossan, freeport
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng
VIVAnews
Viral Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Ini Kata Bea Cukai
- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, menjenguk lima korban longsor di kawasan tambang emas PT Freeport yang menjalani perawatan intensif di ruang Critical Care Unit (CCU) Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang, Banten, Minggu 19 Mei 2013.

PKS Hormati Putusan MK: Selamat Bertugas Prabowo-Gibran

Menurut Muhaimin, berdasarkan data yang diperolehnya, sampai saat ini ada 38 orang yang menjadi korban dari peristiwa longsor pada Selasa 14 Mei 2013 lalu di tambang emas terbesar di Indonesia itu.
Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan


"Sekarang yang mesti diselamatkan sekitar 22 yang masih didalam, kemudian meninggal 6 orang dan dirawat 10 orang yaitu 5 di Tembaga Pura, 5 di Jakarta," ujar Muhaimin saat ditemui di RS Premier Bintaro.


Kelima korban ini, Muhaimin melanjutkan, dibawa ke Jakarta karena memerlukan perawatan intensif yang tidak bisa disediakan rumah sakit di Tembaga Pura, Papua, lokasi tambang Freeport.


"Ada yang proses penyembuhan, ada yang dioperasi, dan ada satu orang sedang kritis," kata Muhaimin.


Baik pemerintah dan pihak perusahaan, Muhaimin menegaskan, akan bertanggung jawab penuh terhadap santunan maupun biaya pengobatan para korban. Pemerintah akan memberikan tunjangan dari Jamsostek sesuai ketentuan yang berlaku. 
"Semua hak yang harus didapatkan pekerja dan keluarganya," kata Muhaimin.


Muhaimin meminta kepada Freeport selaku pihak perusahaan bekerja penuh dalam proses evakuasi 22 korban yang masih tertimbun dalam longsor tambang itu. Investigasi kasus longsor ini juga akan dilakukan secara serius untuk memastikan apa penyebabnya.


"Ini (longsor) tidak boleh terjadi lagi, harus diinvestigasi sebabnya, kenapa terjadi. Sehingga tidak lagi musibah semacam ini terulang. Harus diantisipasi oleh seluruh perusahaan pertambangan di Indonesia," kata Muhaimin.


Muhaimin juga mengapresiasi langkah Freeport yang telah menerjunkan tim evakuasi terbaik untuk menyelamatkan para korban longsor yang masih belum ditemukan itu.


"Kami terus pantau, Freeport menggunakan tenaga-tenaga terbaik di Asia dan tentu ini akan menjadi kewajiban saya juga meminta Freeport total dalam penyelamatan 22 orang itu," kata Muhaimin. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya