Seberapa Sulit Evakuasi Longsor Tambang Bawah Tanah Freeport?

Lokasi longsor Freeport Indonesia
Sumber :
  • Freeport
VIVAnews -
Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya
Proses evakuasi karyawan PT Freeport Indonesia yang tertimbun di tambang bawah tanah Big Gossan Mil 74 sudah memasuki hari keenam. Hingga pagi ini, Senin 20 Mei 2013, diperkirakan yang terkubur di tambang bawah tanah.
DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Vice President Corporate Communication
Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia
Freeport Indonesia, Daisy Primayanti, menjelaskan, longsor terjadi di fasilitas pelatihan seluas 5x10 meter dengan kedalaman 500 meter dari atas permukaan tanah.

Saat longsor pertama terjadi, sekitar 38 orang sedang berada di ruangan tersebut. Sekitar 10 orang selamat, karena saat longsor terjadi mereka terperangkap dan tim berhasil membuka daerah longsoran dengan peralatan manual.


Namun, nahas, longsoran susulan kembali terjadi akibat kondisi tanah yang belum stabil dan membuat sisanya tertimbun oleh tanah longsor.


"Awalnya yang longsor itu ruangan seluas 15 meter persegi, namun terjadi longsor susulan sehingga satu ruangan seluas 5x10 meter atapnya roboh semua tertimpa batuan," kata Daisy saat dihubungi
VIVAnews.


Tim evakuasi, dia melanjutkan, menunggu tanah stabil terlebih dahulu sambil membuat penyanggah terowongan agar tidak kembali longsor. Alat berat baru bisa masuk pada hari ketiga setelah tanah stabil dan penyanggah terpasang kokoh.


Akses menuju daerah longsoran, menurut dia, dari arah barat jalan selebar 2-3 meter dan arah timur yang sedikit lebih luas. "Pada hari Jumat, sekitar dua alat berat mulai masuk, makanya korban lebih banyak ditemukan," katanya.


Ia menegaskan, Freeport Indonesia tidak akan berhenti untuk mencari korban hingga seluruhnya ditemukan. "Ini masalah kemanusiaan dan kami tidak akan berhenti hingga seluruh keluarga korban mendapatkan kepastian," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya