Tim Penyelamat Evakuasi Korban Terakhir Longsor Freeport

Korban Longsor PT Freeport Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Dewi Fajriani

VIVAnews - Tim penyelamat musibah longsor di areal tambang bawah tanah Big Gossan milik PT Freeport Indonesia berhasil mengevakuasi dan mengidentifikasi pekerja terakhir yang terkubur dalam reruntuhan dini hari tadi, Rabu 22 Mei 2013.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Dengan selesainya proses evakuasi itu, total korban meninggal sebanyak 28 orang, sedangkan selamat 10 orang. Sebanyak 10 orang yang selamat itu dilaporkan dalam kondisi stabil.

"PT Freeport Indonesia menyampaikan bahwa hari ini adalah hari yang penuh duka cita," kata Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto, dalam keterangan tertulis.

Rozik mengatakan, meski dalam keadaan berkabung, Freeport akan memberikan penanganan terbaik serta dukungan bagi yang cedera dan keluarga yang berduka. 

Seperti diketahui, terdapat 38 pekerja yang berada dalam ruang kelas di  fasilitas pelatihan tambang bawah tanah Big Gossan, saat runtuhnya sebagian terowongan pada pukul 07:30 pagi waktu setempat pada 14 Mei 2013.

Emergency Response Team telah berhasil untuk menyelamatkan 10 orang pekerja. Namun, mereka tidak dapat menyelamatkan 28 orang pekerja yang tertimbun reruntuhan di dalam ruang kelas.

Sejak terjadinya insiden tersebut, Emergency Response Team Freeport Indonesia telah berusaha maksimal untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang masih tertimbun. Usaha penyelamatan mereka menjadi lebih sulit, karena terbatasnya ruang dalam terowongan dan risiko runtuhan atap lebih lanjut di lokasi.

Berikut daftar lengkap korban jiwa dari insiden Big Gossan:
1. Aan Nugraha
2. Amir Tika
3. Aris Tikupasang
4. Artinus Magal
5. Daniel Tedy Eramuri
6. David Gobai
7. Febry Tandungan
8. Ferry Edison Pangarbuan
9. Frelthon Wantalangi
10. Gito Sikku
11. Hengky Ronald Hendambo
12. Herman Susanto
13. Jhoni Michael Ugadje
14. Joni Tulak
15. Lestari Siahaan
16. Lewi Mofu
17. Ma’mur
18. Mateus Agus Marandof
19. Muntadhim Ahmad
20. Petrus Frengo Marangkerena
21. Petrus Padak Duli
22. Retno Bone
23. Rooy Rogers Kailuha
24. Selpianus Edowai
25. Suleman
26. Victoria Sanger
27. Wandi
28. Yapinus Tabuni

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024