Agus Martowardojo Resmi Jabat Gubernur BI

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto
VIVAnews
Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan
- Agus Martowardojo resmi dilantik sebagai gubernur Bank Indonesia hari ini, Jumat 24 Mei 2013. Pengucapan sumpah jabatan dilakukan di depan Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali, di Gedung MA, Jakarta.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45/P Tahun 2013, Presiden RI menimbang, mengingat, dan memutuskan, pada 22 Mei 2013, memberhentikan dengan hormat Darmin Nasution, dan pengucapan sumpah, Agus Martowardojo sebagai gubernur BI masa jabatan 2013-2018.
Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya


"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk menjadi gubernur BI, langsung atau tidak langsung tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada siapa pun," kata Agus.


Dalam sumpahnya, Agus juga tidak akan menerima janji dalam bentuk apa pun. "Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas sebagai gubernur BI. Saya akan setia kepada negara dan konstitusi," lanjut mantan menteri keuangan itu.


Hadir dalam pengambilan sumpah gubernur BI itu, sejumlah pejabat pemerintahan, seperti Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Keuangan Chatib Basri, pejabat Bank Indonesia, dan para bankir.


Mantan menteri keuangan itu sebelumnya diajukan sebagai calon tunggal gubernur BI oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam proses uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat, Maret lalu, Agus akhirnya terpilih menjadi gubernur BI.


Karena alotnya pembahasan, keputusan dilakukan melalui voting 54 anggota Komisi XI dalam rapat tertutup. Dalam voting itu, sebanyak 46 anggota Komisi XI setuju Agus menjadi gubernur BI, tidak setuju tujuh orang, dan abstain satu orang.


Pada 2008, Agus sempat diusulkan Presiden SBY menjadi gubernur BI bersama Raden Pardede. Namun, saat itu, DPR menolak kedua calon tersebut.


Agus Martowardojo sudah lama berkecimpung di pasar keuangan Indonesia. Sebelum terpilih sebagai gubernur BI, dia menjabat menteri keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati pada Mei 2010.


Agus juga pernah menjadi direktur utama PT Bank Mandiri Tbk (Mei 2005-2010), menggantikan ECW Neloe. Agus Dermawan Wintarto Martowardojo lahir di Amsterdam, Belanda, 24 Januari 1956.


Di usianya yang sudah 57 tahun, karier Agus memang beragam, tetapi masih di sektor yang sama, yaitu pasar keuangan. Agus menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulus pada 1984. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya