Pemerintah Gencar Promosikan Pesawat Buatan PTDI di ASEAN

CN295 versi transportasi militer buatan PTDI
Sumber :
  • Dok.PTDI

VIVAnews - Kementerian Pertahanan Indonesia melakukan lawatan ke berbagai negara ASEAN pada 22-31 Mei 2013 untuk memperkenalkan berbagai pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia.

Salah satu pesawat yang ditawarkan adalah pesawat transpor serbaguna CN295. Pesawat berukuran sedang ini dapat digunakan untuk kepentingan sipil maupun militer.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Pada Kamis, 23 Mei 2013, pesawat transportasi militer CN295 mendarat di Bandara Ninoy Aquino Manila, Filipina, yang menjadi persinggahan pertama dari rangkaian tur ke enam negara ASEAN.

Wakil Menteri Pertahanan dan Ketua Delegasi, Letnan Jenderal (Purn) Sjafrie Sjamsuddien, dalam keterangan tertulis, Jumat 24 Mei 2013, menyatakan, penggunaan sistem pertahanan yang serupa di antara sesama negara ASEAN akan mengurangi biaya operasional dan perawatan pesawat secara signifikan.

“Kami mempromosikan penggunaan sistem pertahanan yang serupa di antara sesama negara ASEAN dan CN295 merupakan pesawat yang layak serta tepat untuk kepentingan pertahanan tersebut," kata Sjafrie Sjamsuddien di Kementerian Pertahanan Filipina.

"Kami yakin, dengan penggunaan jenis pesawat yang sama di wilayah ASEAN, akan memperkuat kerja sama di antara kita," ujarnya.

Kunjungan ini juga merupakan kesempatan untuk menjelaskan kelebihan dari pesawat CN235 dan NC212i, yaitu hasil pengembangan dari varian C212 yang telah diluncurkan pada November 2012, antara PTDI dan Airbus Military. Pesawat itu menggunakan sistem avionic dan autopilot yang baru, kapasitas penumpang bertambah, dan biaya operasi yang lebih efisien.

Total lebih dari 120 unit C295 telah dipesan seluruh dunia dan hampir 100 unit pesawat telah dioperasikan di berbagai negara seperti Aljazair, Brasil, Chile, Kolombia, Republik Ceko, Mesir, Finlandia, Ghana, Yordania, Kazakhstan, Meksiko, Polandia, Portugal, dan Spanyol.

Sementara itu, CN235 dan NC212 masing-masing telah terjual lebih dari 270 unit dan 470 unit, serta telah beroperasi dengan sukses di lebih 50 negara. Para operator CN295, CN235, dan NC212 sangat puas dengan keandalan, kapabilitas serta ketangguhan dari pesawat-pesawat tersebut.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Pesawat-pesawat itu sangat mudah dioperasikan di dalam situasi yang bergejolak dan medan yang sulit. (art)

Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024