SKK Migas: Pemkab Jabung Timur Segel Aset Negara

Lapangan Minyak
Sumber :

VIVAnews - Sekretaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Gde Pradnyana, Senin 27 Mei 2013, menyatakan, tindakan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang menyegel berbagai sumur yang dikelola PetroChina dapat dimaknai menghentikan penerimaan negara dari sumur-sumur tersebut.

"Pada dasarnya, PetroChina hanya sebagai operator, kalau disegel sebetulnya pemkab menyegel aset negara," kata Gde Pradnyana dalam keterangan tertulis.

Aksi penyegelan sumur migas oleh pemda, dia menjelaskan, bertentangan dengan untuk mempermudah proses perizinan industri hulu migas saat pidato di IPA Convention and Exhibition ke-37 di JCC Senayan, Jakarta.

Ia menjelaskan, masalah perizinan sumur migas, PetroChina, SKK Migas telah mengajukan izin kepada Pemda Tanjung Jabung Timur sejak sembilan bulan lalu. Namun, hingga kini belum kunjung terbit.

"Sebelumnya, kami pernah terima surat soal permintaan tarif izin yang nilainya ratusan juta rupiah. Tapi, kemudian pemkab menarik atau mencabut kembali surat tersebut. Kini kami belum tahu alasan belum terbitnya izin tersebut," katanya.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan telah diperintahkan untuk mencari tahu alasan penyegelan sumur tersebut. Jika terkait alokasi gas, Gde menegaskan, pembicaraan dengan pemda setempat untuk alokasi gas bagi BUMD sedang berjalan sesuai roadmap yang telah disepakati pada 28 Februari 2013.

"Sesuai roadmap, saat ini due diligence terhadap BUMD yang ditunjuk oleh pemkab sedang berjalan hingga akhir Mei. Tetapi, pemkab malah menyegel sumur mendahului selesainya due diligence," katanya.

"Kami tidak tahu apakah ini semacam menyandera sumur untuk mendapatkan alokasi gas atau ada hal lain. Ini sedang kami cek," tuturnya.

Sebelumnya, berbagai sumur migas yang dikelola oleh PetroChina International (Jabung) Ltd disegel oleh Pemda Tanjung Jabung Timur sejak Jumat, 24 Mei 2013.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Lokasi-lokasi sumur yang disegel itu adalah sumur yang dibor sebelum masa operatorship PetroChina di Blok Jabung, yang dimulai pada 2002. Lokasi sumur tersebut dibor pada periode 1998 hingga 2001. (art)

Ilustrasi Penganiayaan Anak

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Viral anak selebgram asal Malang, Emy Aghnia jadi korban penganiayaan oleh suster yang jadi pengasuhnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024