Jakarta Fair 2013 Siap Dibuka 6 Juni

Pengunjung Pekan Raya Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Jakarta Fair Kemayoran sebagai ajang arena hiburan dan pameran multi produk terbesar di Asia Tenggara, akan dibuka mulai 6 Juni hingga 7 Juli 2013, di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat.

Aura Kasih Vakum dari Instagram, Netizen Spekulasi Ingin Nikah sampai Terlibat Korupsi Timah

Event ini akan berlangsung selama 32 hari, merupakan etalase aneka produk unggulan dalam negeri, yang dimeriahkan oleh konser musik nonstop 32 hari menampilkan lebih 260 band dan penyanyi top Indonesia.

Event tahunan ini diselenggarakan oleh PT. Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemprov DKI Jakarta, dalam rangka merayakan HUT Kota Jakarta yang ke-486, serta bertepatan dengan musim liburan sekolah. Penyelenggaraan Jakarta Fair tahun ini adalah untuk yang ke-46 kalinya.

Usai ke Rumah Jusuf Kalla, Pendeta Gilbert Datangi MUI untuk Minta Maaf

Jakarta Fair 2013 diikuti oleh 2.650 peserta yang tergabung dalam 1.280 stand, yang terdiri dari kalangan usaha dan industri besar, menengah, hingga koperasi dan usaha kecil-mikro. Juga diikuti anjungan BUMN dan pemerintah provinsi / kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

Panitia mentargetkan event ini dikunjungi oleh sedikitnya 4,8 juta pengunjung dengan nilai transaksi langsung antara pengunjung dengan stand peserta ditargetkan mencapai Rp4,5 triliun. Target ini sedikit lebih tinggi dibanding Jakarta Fair tahun lalu yang dikunjungi 4,5 juta orang dengan nilai transaksi mencapai Rp4 triliun.

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

Tema Jakarta Fair Kemayoran 2013 adalah “Terus Maju Jakartaku” dengan sub tema “Sebagai Ajang Promosi Produk Berkualitas Jakarta Fair Terus Mendorong Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Nasional”. Tema tersebut sejalan dengan tema peringatan HUT DKI Jakarta Ke-486, “Jakarta Baru, Jakarta Kita”, karena Jakarta Fair Kemayoran adalah bagian tak terpisahkan dari kemajuan Kota Jakarta menuju Jakarta Baru yang lebih baik.

Menurut Ketua Umum Panitia Penyelenggara, Bapak Prajna Murdaya, penyelenggaraan Jakarta Fair ini merupakan bagian dari pengabdian PT. JIExpo kepada bangsa dan negara Republik Indonesia. PT. JIExpo memiliki missi mengembangkan industri MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) di Indonesia. Jika pameran seperti Jakarta Fair ini terus berkembang maka akan merangsang promosi perdagangan, merangsang inovasi perindustrian, menjadi pemicu peningkatan investasi, menyerap tenaga kerja, dan pada akhirnya memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Wisata Belanja
Event ajang arena hiburan keluarga dan pameran multi-produk terbesar dan terlengkap dengan durasi penyelenggaraan paling lama di Asia Tenggara ini diharapkan menjadi tujuan utama wisata belanja bagi jutaan pengunjung baik dari Jabodetabek maupun dari daerah lain di seluruh Indonesia.

Pada Jakarta Fair 2013 ini akan dipamerkan berbagai produk ungulan yang akan dijual langsung ke konsumen dengan harga promosi. Diantaranya otomotif mobil, sepeda motor, furniture, building material, lighting fixtures, handycraft, garmen & textile, peralatan rumah tangga, komputer, alat olah raga, kosmetik, herbal & medicine, makanan dan minuman, perbankan, fashion, telekomunikasi, multimedia, property, produk jasa, hingga produk emas batangan dan emas murni pun ada di Jakarta Fair.

Total area pameran seluas 130 ribu meter persegi terbagi dalam 13 hall ditambah area Gambir Expo, Gedung Pusat Niaga, dan Open Space JIExpo. Arena pameran didukung oleh sarana yang memadai, seperti kebersihan berstandar internasional, tersedia sedikitnya 800 urinoir dan toilet, dan sarana parkir yang mampu menampung lebih 10 ribu mobil dan 20 ribu sepeda motor.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair Kemayoran juga akan berbagi hadiah dan doorprize untuk pengunjung, dengan cara mengundi tiket masuk. Tahun ini panitia menyediakan hadiah spektakuler, yakni satu unit sepeda motor setiap hari, dan satu unit mobil setiap minggu. Total terdapat 32 sepeda motor dan 5 buah mobil.

Jakarta Fair juga akan dimeriahkan oleh konser musik 32 hari nonstop, menampilkan lebih 270 band dan penyanyi top Indonesia, diantaranya Iwan Fals, Slank, Nidji, Geisha, God Bless, Maliq, Tony Q, Kotak, Trio Macan, dan lain-lain.

Panggung Utama Jakarta Fair menampilkan konser multi-genre musik sejak rock, reggae, pop, jazz, dan lain-lain, sedang Panggung Gambir akan menampilkan pertunjukan musik dan pertunjukan budaya dari seluruh Indonesia, termasuk menampilkan pertunjukan budaya dari Mesir, Yunani, Taiwan, Canada, Togo, dan Russia, yang tergabung dalam Enjoy Jakarta International Folklore Festival (EJIFF).

Aneka kuliner khas Nusantara juga tersedia, diantaranya food-court Expo Resto di depan panggung utama, dimana pengunjung dapat menikmati aneka menu lezat sambil bersantai menonton konser musik spektakuler secara langsung. Di sisi barat Hall-E dan di Gambir Expo juga terdapat food-court yang menyajikan aneka menu khas, diantaranya dari Warung Teko, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Soto Bangkong, Sapo Garden, Restaurant Shin-Lin, dan lain-lain.

Dan yang tidak ketinggalan, event Jakarta Fair juga akan dimeriahkan oleh berbagai lomba, seperti lomba foto, lomba jurnalistik untuk wartawan, dan seperti tahun-tahun sebelumnya, juga akan dimeriahkan oleh kontes kecantikan Miss Jakarta Fair. Tahun ini Miss Jakarta Fair tidak hanya dibuka untuk para sales promotion girl (SPG) yang terlibat di dalam Jakarta Fair, melainkan juga dibuka untuk umum.

So, jangan sampai lewatkan acara ini! (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya