ASDP Impor Empat Kapal Besar Atasi Antrean Penyeberangan

Truk antre di Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman
VIVAnews -
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mengimpor empat kapal roll-off roll-on (roro) dari berbagai negara untuk mengatasi antrean panjang di Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Danang S. Baskoro, menjelaskan empat kapal tersebut berasal dari Inggris dan Korea. Untuk kapal yang didatangkan dari Inggris merupakan kapal bekas dan akan tiba di Indonesia pekan ini.
9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!


Kapal tersebut memiliki panjang 130 meter dan delapan tingkat. Kapal berbentuk seperti kapal pesiar ini akan mulai beroperasi untuk pelayaran Merak-Bakauheni pada 10 Juni 2013. "Kapal ini bisa menampung 200-250 kendaraan dan 1.000 orang penumpang," katanya di Kementerian BUMN.


Sementara tiga kapal lainnya diimpor dari Korea Selatan dengan rincian dua kapal bekas dan satu kapal baru. Kapal asal Korea memiliki kapasitas lebih luas dibandingkan dengan kapal asal Inggris, yaitu memiliki panjang 150 meter dengan empat tingkat.


Kapal asal Korea Selatan ini dapat menampung kendaraan hingga 300 unit dan 1.000 penumpang. Dua kapal bekas Korea Selatan ini telah hadir di Indonesia dan sedang masuk dock milik ASDP. "Sisanya satu kapal lagi akan menyusul," katanya.


Danang mengatakan perusahaan harus merogoh kocek hingga Rp350 miliar untuk membeli empat kapal tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya