Jalur Ganda Rampung, Kapasitas Angkut Kereta Naik 3 Kali Lipat

Pembangunan jalur ganda kereta Serpong-Maja
Sumber :
  • Antara/ M Iqbal
VIVAnews
Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia
- Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, Jumat 7 Juni 2013, meyakini kapasitas angkut kereta bisa meningkat drastis apabila jalur ganda (
double track
Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?
) Jakarta-Surabaya sudah selesai.
Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

"Mungkin kapasitasnya bisa bertambah sampai 2,5 hingga tiga kali lipat jika
double track
Jakarta-Surabaya selesai," kata Bambang di Jakarta.


Menurut Bambang, baik angkutan penumpang maupun barang akan mengalami peningkatan kapasitas ini. Dengan demikian, diharapkan akan menurunkan penggunaan moda angkutan bus maupun truk yang berlebihan muatan. Selama ini, bus dan truk yang berlebihan muatan dituding sebagai penyebab rusaknya jalan.


Dia menambahkan, jalur ganda kereta Jakarta-Surabaya itu diperkirakan selesai pada tahun depan. "Saya rasa belum bisa dilakukan pada tahun ini, mungkin baru 2014," kata Bambang.


Jalur ganda sepanjang 422 kilometer ini, menurut Bambang, nantinya juga akan diberikan peningkatan ketahanan terhadap beban berat, mengingat angkutan barang biasanya menggunakan peti kemas atau kontainer yang kapasitasnya berton-ton.


Progres penyelesaian jalur ganda yang investasinya senilai Rp9,8 triliun ini, Bambang melanjutkan, sudah mencapai 75-80 persen. Titik-titik yang belum tersambung antara lain Cirebon-Brebes dan Pekalongan-Semarang. Masalah utamanya adalah pembebasan tanah yang tidak kunjung selesai.


"Kami akan kerjakan dan upayakan. Saat ini, harga apraisal yang ditawarkan pemerintah sudah jauh di atas NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), namun ada beberapa warga yang masih menolak," kata Bambang. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya