Pemerintah dan Kadin Jamin Harga Tujuh Komoditas Stabil

Minyak Goreng Curah
Sumber :
  • ANTARA/Aldino Anatusa

VIVAnews - Pemerintah bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menjamin ketersediaan tujuh komoditas pangan di masyarakat, khususnya menjelang bulan Ramadhan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, Rabu 12 Juni 2013, menjelaskan, tujuh komoditas tersebut yaitu, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, hortikultura, gula pasir, tepung terigu, dan beras.

"Pemerintah dan dunia usaha yang diwakili oleh Kadin bertekad untuk menjaga stabilitas harga serta ketersediaan seluruh komoditas," ujar Hatta seusai rapat koordinasi dengan Kadin di kantornya, Jakarta.

Ia mengakui, beberapa waktu lalu terjadi gejolak terhadap produk hortikultura seperti cabai dan jengkol. Namun, kenaikan harga dua komoditas tersebut hanya bersifat sementara.

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon

Bahkan, ia mengklaim untuk beberapa komoditas seperti minyak goreng, harganya lebih rendah dari 2012.

Menurut Hatta, pasokan yang lancar akan membuat harga stabil, sehingga inflasi dapat terjaga dengan baik. Koordinasi dengan Kadin sebagai wakil pengusaha akan dijadikan salah satu acuan pemerintah dalam membuat kebijakan yang lebih tepat sasaran.

Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto, menjelaskan, sektor pangan merupakan kunci penting menjelang hari raya Idul Fitri. Bersama pemerintah, Kadin akan menjaga keamanan suplai dan stabilitas harga pangan.

"Terutama distribusi yang terkait kelancaran transportasi harus diperhatikan pemerintah, karena mempengaruhi stabilitas pasokan dan harga," katanya. (art)

Ilustrasi depresi

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang biasanya kita gemari.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024