Pelemahan Rupiah Sempat Ganggu Produksi Karet RI

perkebunan karet alam
Sumber :
  • wikimedia.org

VIVAnews - Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) mengungkapkan bahwa pelemahan kurs rupiah tidak berpengaruh signifikan terhadap usaha mereka. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Umum Gapkindo, Daud Husni Bastari, seusai rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR pada Kamis, 13 Juni 2013.

"Itu tidak berpengaruh pada ekspor karet, kok," kata Daud di Gedung DPR RI, Jakarta.

Kondisi rupiah memang agak melemah akhir-akhir ini. Saat ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika berada di level Rp9.800-an. Bahkan, rupiah sempat menembus di atas Rp10.000 per dolar AS awal pekan ini.

Daud menambahkan, anjloknya rupiah tersebut sempat berdampak pada kinerja produksi. Namun, dia enggan menyebutkan seberapa besar efek tersebut pada produksi karet.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Perlu diketahui bahwa ekspor karet pada 2012 mencapai 2,44 juta ton dan telah diekspor ke beberapa negara. Antara lain, Amerika Serikat yang mengimpor karet Indonesia sebanyak 23,41 persen, China (17,91 persen), dan Jepang (15,92 persen).

Sementara itu, produksi karet Indonesia sebanyak 3,04 juta ton pada 2012. (art)

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024