Anomali Cuaca Buat Perbaikan Jalur Pantura Terhambat

Pantura Mulai Padat
Sumber :
  • ANTARA/R. Rekotomo
VIVAnews –
PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi
Kementerian Pekerjaan Umum mengakui bahwa menjaga jalur pantai utara Jawa (pantura) tetap dalam kondisi prima pada Lebaran tahun ini lebih sulit dibanding 2012.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, Jumat 14 Juni 2013, menyatakan, sulitnya perbaikan jalur pantura, karena anomali cuaca yang terjadi sepanjang tahun ini.
THR El Rumi dari Irwan Mussry Bikin Netizen Ngiler


“Tahun 2012, kondisi cuacanya selalu kering sepanjang tahun, sehingga saat melakukan perbaikan, jalanan lebih awet,” kata Djoko ketika ditemui di Jakarta.


Sementara itu, pada 2013, anomali cuaca terus terjadi. Saat ini, yang seharusnya masuk musim kemarau pun terus terjadi hujan deras di waktu yang tidak terduga. Kondisi ini akan menyebabkan jalan pantura yang telah diperbaiki tidak akan bertahan lama.


Jalanan cepat rusak saat truk dan alat berat melintasi pantura dalam kondisi hujan. “Kami tidak bisa melarang kendaraan berat untuk berjalan pada saat hujan,” katanya.


Setiap tahun, Kementerian PU menganggarkan Rp1-1,2 triliun untuk memperbaiki dan merawat secara berkala jalur sepanjang 1.000 kilometer itu. “Intinya kami mengantisipasi kerusakan mendadak, karena kendaraan besar dan hujan deras. Jadi, kami selalu siapkan pekerja yang siap di lapangan,” katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya